Kronologi Singkat Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa

Kronologi Singkat Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan organisasi internasional yang berfungsi untuk menjaga perdamaian diantara negara-negara anggota maupun negara-negara yang ada di seluruh dunia.
Analisis berdirinya perserikatan bangasa-bangsa, analisis kemunculan pbb, latar belakang berdirinya pbb, cerita singkat awal mula berdirinya perserikatan bangsa bangsa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dibentuk pada tanggal 24 Oktober 1945, atau tepat setelah perang dunia 2 berakhir. Perang dunia 2 terjadi sejak tanggal 1 September 1939 sampai 2 Sepetember 1945.

Perang dunia 2 merupakan perang berskala global yang meliputi seluruh dunia dan terbagi menjadi beberapa front perang diantaranya front eropa, front asia, dan front afrika.

Liga Bangsa-Bangsa setelah PD 1 hingga PD 2


Jauh sebelum meletusnya perang dunia 2, tahun 1914 hingga 1918 telah terjadi perang dunia 1. Namun, cakupan wilayah perang yang terjadi di perang dunia 1 tidak lebih luas dari cakupan wilayah perang di perang dunia 2.

Perang dunia 1 hanya terfokus pada perang yang terjadi antar negara-negara di wilayah Eropa seperti Jerman, Italia, Inggris, Russia, Perancis, Austria-Hungaria, dan Amerika Serikat.

Hasil dari perang dunia 1 yaitu kekalahan Jerman atas sekutu yang ditandai dengan Perjanjian Versailles (1919) di Perancis.
Kekhawatiran para pemimpin negara dan umat manusia akan terjadinya perang lainnya, kemudian dibentuklah Liga Bangsa-Bangsa (LBB) pada 10 Januari 1920.

Fungsi dari LBB ini yaitu melucuti senjata, mencegah perang, menyelesaikan pertentangan antar negara melalui proses negosiasi dan diplomasi, dan memperbaiki kesejahteraan hidup global. 

LBB pada akhirnya tetap tidak dapat menjaga perdamaian dikarenakan LBB tidak memiliki peraturan yang mengikat dan sukarela, tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata untuk menindak negara yang melanggar peraturan, hanya berpihak kepada negara besar, terjadinya pergeseran tujuan dari masalah perdamaian ke masalah politik.

Kegagalan LBB ini menyadi penyebab meletusnya Perang Dunia 2 yang dimulai dengan Jerman dibawah pimpinan Hitler menyerang Danzig, Polandia pada 2 September 1939 dan penyerangan Jepang ke wilayah Pearl Harbor, Amerika Serikat pada 7 Desember 1941.

Oleh sebab itu, setelah perang dunia 2 berakhir, Liga Bangsa-Bangsa segera dibubarkan dan digantikan dengan organisasi baru yang sekarang disebut sebagai Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa


Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan organisasi untuk mendorong kerjasama internasional dan menjaga perdamaian internasional.

PBB didirikan atas hasil dari pertemuan yang diadakan oleh Franklin D. Roosevelt (Persiden AS) dan Winston Churchill (PM Inggris) di atas kapal HMS Prince of Wales pada 14 Agustus 1941. Pertemuan kedua tokoh ini menuntut agar dibentuk organisasi pengganti LBB.

Hasil pertemuan tersebut menghasilkan rancangan awal didirikannya Persatuan Bangsa-Bangsa yang kemudian disahkan dengan penandatangan Piagam Atlantik. 

Menindak lanjut sebagai bagian dari implementasi Piagam Atlantik, maka pada tanggal 24 Oktober 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa resmi dibentuk atas ratifikasi piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan yaitu Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Uni Soviet, dan Cina.
Kelima anggota tetap DK ini menjadi negara pemenang di Perang Dunia 2 setelah mereka berhasil mengalahkan blok poros yang terdiri dari Jerman, Jepang, dan Italia. 

Tujuan Utama Perserikatan Bangsa-Bangsa


Tujuan utama dari PBB adalah (1) menjaga perdamaian dan keamanan dunia, (2) memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarabangsa melalui penghormatan hak asasi manusia, (3) membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosila, budaya, dan lingkungan, (4) menjadi pusat penyelaras segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia, dan (5) menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

0 comments