Fakta-Fakta Menarik tentang Pemimpin Soviet "Joseph Stalin"

Fakta-Fakta Menarik tentang Pemimpin Soviet "Joseph Stalin". Masyarakat dunia mungkin sudah tak asing lagi mendengar kata Stalin, tokoh ini erat kaitannya dengan ideologi Komunis dan negara Adidaya saat itu Uni Soviet.
Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.
Joseph Stalin menjadi pemimpin Uni Soviet sejak 21 Januari 1924 sampai 5 Maret 1953. Stalin terkenal dengan gaya kepemimpinan yang tegas, kejam, maniak, dan gila kekuasaan. Sehingga ia mendapat julukan Si Tangan Besi karena sikap non-kompromi nya teradap kebijakan yang dicetusnya.

Menarik untuk kita simak beberapa fakta menarik dari Joseph Stalin Si Tangan Besi :

Lahir dari keluarga miskin


Dilahirkan pada tanggal 18 Desember 1878, Stalin memiliki nama lengkap Ioseb Besarionis dze Jughashvili. Stalin merupakan seorang anak yang lahir dari kalangan keluarga miskin yang berasal dari Gori, kala itu masih bebentuk Kekaisaran Russia dan dipimpin oleh Tsar Nicholas II.

Keturunan Georgia


Meskipun terkenal sebagai pemimpin Uni Soviet, Stalin ternyata masih memiliki darah keturunan dari Georgia. Dimana orang-orang Georgia adalah sebuah bangsa dan kelompok etnis Kauskasus yang tersebar di beberapa negara seperti Russia, Turki, Iran, Ukraina, Yunani, dan minoritas kecil di sepanjang Uni Eropa.
Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.

Dibesarkan dengan rasa takut dan benci pada otoritas


Ayah Stalin sering melakukan kekerasan fisik kepada anak dan istrinya sendiri. Kekerasan yang berulang dan terus berulang mempengaruhi kondisi psikologis Stalin kecil. Di lingkungan sekolahnya yaitu Teologi/Seminari Kristen Ortodoks, Stalin juga tumbuh dengan perasaan membenci terhadap sosok otoritas sekolah yang mengekang, keras, dan hyper disiplin.

Pengikut setia Lenin


Stalin muda mulai berkenalan dengan paham komunis yaitu paham yang merupakan hasil dari pemikiran Karl Marx dan Friedrich Engels. Paham ini sangat menentang kekuasaan otoritas yang saat itu masih berdiri negara Russia dibawah pimpinan Kaisar Tsar II.

Dari banyak tokoh komunis yang bermunculan, Stalin memilih Lenin sebagai sosok idolanya. Bersama Lenin, Stalin turut serta dalam mendirikan Negara Uni Soviet. Stalin lebih membantu dalam menggalang simpatisan, sedangkan Lenin dan Trotsky yang berlatar akademis lebih banyak berjuang di belakang meja.
Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.
Pada tahun 1912, melalui artikel-artikel yang ia terbitkan, Stalin berhasil mengajak banyak simpatisan dari kalangan buruh. Lenin pun segera mengangkatnya menjadi anggota komisi empat yang mengepalai Partai Komunis Soviet, dan memiliki kedudukan sejajar dengan Trotsky, Zinoviev, dan Kornilov sebagai orang-orang kepercayaan Lenin.

Perang Dunia 1 menjadi awal berdirinya Uni Soviet


Ketika Perang Dunia 1 meletus pada tahun 1914, Kekaisaran Russia yang saat itu berperang melawan Kekaisaran Prussia (Jerman) sedang dalam kondisi internal yang sangat tidak baik.


Kekalahan akibat perang berdampak buruk pada keamanan dalam negeri. Oktober 1917 akhirnya Lenin dkk termasuk Stalin berhasil mengangkat tinjunya ke udara untuk melengserkan kekuasaan Tsar Nicholas II dan berhasil mendirikan Uni Soviet.

#funfact : Pada Revolusi Russia ini, seluruh keluarga (termasuk Tsar Nicholas II) menjadi korban pembunuhan untuk memuluskan impian kaum Bolshevik mendirikan negara komunis

Berebut kekuasaan dengan Trotsky setelah kematian Lenin


Rivalitas kedua tokoh ini semakin menjadi-jadi ketika Lenin meninggal dunia pada tahun 1922. Stalin dikenal dengan gaya kepemimpinan yang brutal, kejam, dan maniak kekuasaan berbanding terbalik dengan Trotsky yang rasional, visioner, dan berhati-hati.

Ketika Lenin meninggal, ia sempat menuliskan wasiat untuk memecat Stalin agar dibacakan oleh istrinya didepan khalayak ramai. Namun surat tersebut direbut oleh Stalin dari tangan istri Lenin dengan dalih pengikutnya bahwa "Stalin adalah pengikut setia Lenin".
Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.
Trotsky yang saat itu sedang berada di Georgia tak mampu berbuat banyak, perlahan-lahan Stalin menyisihkan Trotsky dari kepemimpinan di Soviet. Hingga akhirnya Trotsky diusir dari Soviet, 20 Agustus 1940 Trotsky yang kala itu berada di Meksiko dibunuh oleh agen Stalin bernama Mercader.

Pencetus kerja paksa Gulag


Di masa kepemimpinan Stalin, ia memerintahkan warganya untuk bekerja paksa tanpa henti di sebuah kamp-kamp yang tersebar luas di Soviet. Kerja Paksa ini tak lain dan tak bukan adalah untuk mendorong industrialisasi besar-besaran yang sedang dilakukan Soviet.

Berdasarkan perkiraan jurnal sejarah, jumlah korban manusia yang meninggal akibat kerja paksa ini sekitar 2-4 juta jiwa. Serupa dengan Indonesia yang mengalami Rodi dan Romusha oleh penjajah, gilanya Stalin melakukan Gulag kepada warga negaranya sendiri.

Perang Dunia 2


Memasuki era Perang Dunia 2, Soviet sempat kong-kalikong (kerja sama) dengan Jerman untuk melakukan pakta non agresi dan membagi wilayah Polandia menjadi dua bagian, jika Polandia berhasil dikuasai.

Adolf Hitler (Jerman) yang sangat membenci komunis secara terpaksa melakukan perjanjian dengan Stalin. Masing masing perwakilan kedua negara akhirnya bertemu pada tanggal 23 Agustus 1939, Jerman diwakili oleh Joachim von Ribbentrop dan Soviet diwakili oleh Vyecheslav Molotov.

Tujuan Hitler dan Stalin melakukan perjanjian ini antara lain yaitu agar m
ereka mampu menginvasi Polandia dan membaginya menjadi dua wilayah, barat untuk Jerman dan timur untuk Soviet.


Nama Joseph Stalin dijadikan nama Tank Soviet era Perang Dunia 2
Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.

IS adalah jenis tank berat (heavy tank) yang mulai diproduksi pada tahun 1944. Tank IS memiliki kepanjangan dari Iosif Stalin, yang berarti Joseph Stalin. IS diproduksi sebagai ganti dari heavy tank sebelumnya KV Tank. 

Pasca Perang Dunia 2


Kemenangan Soviet atas perang melawan Jerman di Perang Dunia 2, membuat Stalin mendapat respect tinggi dari warga negaranya. Sejarah mencatat untuk pertama kalinya pada tahun 1946, Stalin menyanjung rakyatnya dengan perkataan "bangsa yang luar biasa".


Upaya Stalin menyebarkan pengaruh Komunis di Perang Dingin


Pasca Perang Dunia 2, dunia terbagi menjadi dua kubu atau meminjam istilah populer dari Winston Churchill yaitu "Tirai Besi". Ya, dunia terbagi menjadi dua ideologi, dua kekuasaan, dan dua pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Fakta Unik Joseph Stalin, Beberapa hal tentang Stalin, Kekejaman Stalin, Hal gila yang pernah Stalin lakukan, Stalin dan beberapa faktanya.
Ketika Amerika Serikat membentuk NATO untuk memperkuat aliansinya, Stalin dengan cepat merespon agar Uni Soviet dan sekutunya dengan segera membentuk Pakta Warsawa pada tahun 1949.


Orang dibalik konflik ideologi


Joseph Stalin adalah orang yang bertanggung jawab dibalik perang saudara yang terjadi di beberapa wilayah antara lain : ia mempengaruhi Mao Zedong untuk mendirikan negara komunis di China, Kim Il Sung di Korea Utara, Ho Chi Minh di Vietnam Utara, Fidel Castro di Kuba, dan lainnya.

Kematian Stalin pada tahun 1953


5 Maret 1953 Stalin menjemput ajalnya dan mengakhiri perjalanan panjang hidupnya yang dapat menjadi pembelajaran bagi para generasi sesudahnya. Stalin meninggal akibat pendarahan otak dan kerusakan pada arteri otak yang disebabkan oleh aterosklerosis, terdapat kemungkinan juga bahwa Stalin dibunuh.

Seperti itulah beberapa fakta dari Joseph Stalin yang semoga dapat menambah informasi kita sekaligus menjadi penambah ilmu kita untuk menilai baik dan buruknya suatu idelogi, gaya kepemimpinan yang diktaktor, dan pro-kontra suatu peristiwa.

0 comments