Daftar Negara yang Terlibat Perang Dunia 1

Daftar Negara yang Terlibat Perang Dunia 1. Banyak sudah artikel yang dibuat dengan membahas tema Perang Dunia 1. Artikel-artikel tersebut terdiri dari Sebab Perang Dunia 1, Jalannya Perang Dunia 1, dan Akibat Perang Dunia 1.

Meskipun pada artikel-artikel sebelumnya sudah dijelaskan negara mana saja yang terlibat dalam Perang Dunia 1, tapi kali ini kita akan membahas khusus daftar negara yang terlibat kedalam artikel berjudul Daftar Negara yang Terlibat Perang Dunia 1.

Perang Dunia 1 sudah berlalu 100 tahun yang lalu, atau dalam bahasa seram nya telah berlangsung 1 abad yang lalu. Namun, bukan berarti tidak penting bagi kita untuk tidak membahas kembali Perang Dunia 1.
Daftar Negara yang terlibat Perang Dunia 1, Negara Peserta Perang Dunia 1, Negara yang Berperang di Perang Dunia 1, Negara Anggota Perang Dunia 1, Anggota Triple Alliance, Anggota Triple Entente, Peserta Perang Dunia 1, Negara-negara di Perang Dunia 1.
Karena dengan adanya Perang Dunia 1 dan negara-negara yang terlibat didalamnya, akan membentuk negara modern yang wilayahnya sangat dipengaruhi oleh Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Lantas negara apa saja yang terlibat dalam Perang Dunia 1 ? 

Pada Perang Dunia 1, negara-negara di Eropa terbagi atas dua aliansi. Kedua aliansi ini merupakan sebuah pakta pertahanan yang dibuat demi kepentingan anggota-anggota nya. Aliansi tersebut terdiri dari Triple Alliace dan Triple Entente.

Triple Alliance


Aliansi ini merupakan aliansi yang dibentuk oleh negara Prussia (Jerman), Austria-Hongaria, dan Russia. Kesatuan Tiga Kaisar ini mampu membentuk sebuah kekuatan yang sangat besar di wilayah Eropa. 

Namun, menjelang Perang Dunia 1 terjadi, Russia keluar dari aliansi ini dikarenakan Kaiser Wilhelm II (Prussia) menolak memperpanjang perjanjian perdamaian (reasuransi) dengan Russia. Sebagai gantinya Prussia menggandeng Italia sebagai Tiga Kaisar yang baru. 

Menjelang pecahnya Perang Dunia 1, Italia keluar dari Triple Alliance dan memutuskan berganti pihak menjadi anggota Triple Entente. Ottoman Turki masuk menggantikan Italia, sehingga anggota tetap dari Triple Alliance yaitu Prussia (Jerman), Austria-Hongaria, dan Ottoman Turki.

1. Prussia (Jerman)


Prussia adalah negara berbentuk kekaisaran yang dipimpin oleh Kaiser Wilhelm II. Tekadnya membawa Jerman untuk menjadi negara terkuat di dunia, memaksa Jerman mendeklarasikan Perang kepada Inggris, Perancis, dan Russia.

Hal ini diluar dari dugaan Wilhelm II sendiri untuk berperang. Karena perang ini terlebih dahulu disebabkan kebodohan di negara-negara Semenanjung Balkan yaitu pembunuhan Putra Mahkota Austria bernama Franz Ferdinand di Sarajevo yang dilakukan oleh pemuda Serbia.

2. Austria - Hongaria


Austria dan Hongaria merupakan gabungan dari dua negara yang terlebih dahulu bersatu sebelum Perang Dunia 1. Letaknya yang bersebelahan membuat Austria dan Hongaria memutuskan untuk bersatu.

Tekadnya dalam menaklukan negara Bosnia membuat Austria-Hongaria menjadi penyebab terjadinya Perang Dunia 1. Serbia yang memiliki hubungan spesial dengan Russia, sekaligus bermusuhan dengan Austria, berhasil menyulut perang dengan membunuh Pangeran Austria di Bosnia.

3. Ottoman Turki


Bukan tanpa sebab Ottoman Turki ikut bergabung kedalam Perang Dunia 1. Ottoman Turki merupakan sebuah negara Islam yang beribukota di Istanbul. Wilayah Ottoman Turki sangat luas meliputi sebagian wilayah Afrika - Timur Tengah - wilayah Balkan.
Daftar Negara yang terlibat Perang Dunia 1, Negara Peserta Perang Dunia 1, Negara yang Berperang di Perang Dunia 1, Negara Anggota Perang Dunia 1, Anggota Triple Alliance, Anggota Triple Entente, Peserta Perang Dunia 1, Negara-negara di Perang Dunia 1.
Di wilayah Balkan sendiri terjadi gerakan perlawanan rakyat yang beragama Katolik yang ingin memisahkan diri dari wilayah Ottoman Turki, gerakan ini dipelopori oleh gerakan di Serbia. Alasan tersebut membuat Ottoman Turki bergabung dengan Triple Alliance. 

Triple Entente


Aliansi ini merupakan sebuah aliansi yang dibentuk oleh negara Inggris, Perancis, dan Russia. Triple Entente dibentuk untuk mengimbangi aliansi Tiga Kaisar, sekaligus menjadi pakta pertahanan bagi setiap anggota nya jika mendapat serangan musuh maka seluruh anggota akan ikut berperang.

Triple Entente dibentuk setelah Russia kecewa terhadap keputusan Kaiser Wilhelm II. Untuk mencari dukungan dan pertahanan, maka Russia mengajak Inggris dan Perancis agar membentuk aliansi baru.

Amerika Serikat nanti akan bergabung dengan Triple Entente menjelang akhir Perang Dunia 1 usai. Hal ini dipicu dari aksi Armada Laut Jerman yang berhasil menenggelamkan kapal penumpang AS di Samudera Atlantik.

1. Inggris


Inggris menjadi negara dengan kekuatan laut yang sangat luar biasa, armada lautnya tersebar di seluruh Samudera yang ada di dunia ini. Samudera Pasifik, Samudera Hindia, dan Samudera Atlantik merupakan wilayah yang mendapat pengawasan dari Inggris.

Kebijakan Kaiser Jerman bernama Wilhelm II untuk meningkatkan armada laut Jerman memicu kegelisahan dari Inggris. Inggris merasa terancam jika nanti armada laut Jerman berhasil mengalahkan armada laut Inggris.

2. Perancis


Jerman dan Perancis seperti kedua tetangga yang tak pernah akur. Perebutan wilayah diantara Jerman dan Perancis bahkan telah berlangsung selama ratusan tahun sebelum Perang Dunia 1.

Perancis yang merasa terancam dengan kekuatan Jerman, mengajak Inggris dan Russia bergabung dengan Triple Entente. Dengan Perancis di barat dan Russia di timur, maka Jerman diapit oleh Perancis & Russia.
Daftar Negara yang terlibat Perang Dunia 1, Negara Peserta Perang Dunia 1, Negara yang Berperang di Perang Dunia 1, Negara Anggota Perang Dunia 1, Anggota Triple Alliance, Anggota Triple Entente, Peserta Perang Dunia 1, Negara-negara di Perang Dunia 1.
Rencana Schlieffen dari Jerman mengakibatkan wilayah Perancis mendapat serangan dari Jerman. Rencana ini merupakan rencana Jerman yang melakukan penyerangan ke Perancis melalui wilayah Belgia. 

3. Russia


Russia bergabung dengan Triple Entente karena Russia khawatir setelah Jerman membangun jalur kereta Berlin-Baghdad. Russia kemudian mencari kawan baru dengan mengajak Inggris dan Perancis.

Russia juga terlibat perang langsung dengan Ottoman Turki, karena letak kedua negara ini yang bertetangga maka sangat mungkin keduanya terlibat perang di Perang Dunia 1.

Ditengah-tengah Perang Dunia 1 berlangsung, tahun 1918 Vladimir Ilych Ulyanov Lenin mengangkat tinju besinya ke udara dan membuat Komunis mengambil alih kekuasaan di Russia. Sekaligus menandai akhir dari Kekaisaran Russia yang dipimpin oleh Tsar Nicholas II. 

4. Italia 


Italia yang semula tergabung bersama Jerman dan Austria-Hongaria kedalam persekutuan "Tiga Kaisar", menjelang pecahnya Perang Dunia 1 Italia memutuskan untuk berganti pihak dan bergabung bersama Triple Entente.

Setelah keluarnya Italia dari Triple Alliance, Ottoman Turki masuk menggantikan posisi Italia. Sehingga ketika Perang Dunia 1 pecah maka formasi tetap dari Triple Alliance adalah Prussia (Jerman), Austria-Hongaria, dan Ottoman Turki.

5. Serbia


Bersama Austria, Serbia merupakan negara penyebab Perang Dunia 1. 28 Juni 1914, gerakan perlawanan dari Serbia berhasil membunuh Putra Mahkota Franz Ferdinand dari Austria.

Serbia yang memiliki hubungan spesial dengan Russia, tak ragu untuk menyatakan perang kepada Austria yang beraliansi dengan Jerman. Russia bahkan mendukung Serbia untuk berperang dengan Austria, sementara Jerman secara terpaksa harus membantu Austria yang akhirnya menyulut perang besar di Perang Dunia 1.

6. Amerika Serikat


Amerika Serikat diawal Perang Dunia 1 memang tidak terlibat perang dengan anggota Triple Alliance. Letaknya yang jauh dari wilayah Eropa membuat AS bersikap netral pada fase awal perang.

Meskipun bersikap netral, AS terus menerus mengirimkan bantuan bagi Inggris dan anggota Triple Entente lainnya. Puncak ke-netralan Amerika Serikat berakhir ketika Armada Laut Jerman (U-Boat) mengenggelamkan kapal penumpang AS di Samudera Atlantik dan bocornya telegram Jerman terkait persekutuan militer dengan Meksiko.


Pada tahun 1917 Amerika Serikat mendeklarasikan perang kepada Jerman dan bergabung bersama Triple Entente untuk memenangkan perang. Partisipasi AS membuat Perang Dunia 1 semakin mendekati akhir. Hingga akhirnya Perang Dunia 1 usai pada tahun 1918 setelah Jerman menyerah kepada sekutu di Perancis.

0 comments