Tokoh Pembaharuan Dunia Islam : Muhammad Ali Pasya

Tokoh Pembaharuan Dunia Islam Muhammad Ali Pasya. Tokoh pembaharuan Islam yang patut kita ketahui adalah Muhammad Ali Pasya, seorang keturunan Turki yang lahir di bagian Utara Yunani dan berhasil memperharui Islam di Mesir.

Muhammad Ali Pasya


Ia adalah keturunan Turki yang dilahirkan pada bulan Januari 1765 M di Kawalla (Utara Yunani) dan meninggal di Mesir pada tahun 1849 M. Kawalla merupakan bagian dari kekuasaan Turki Utsmani, setelah Konstatinopel (Byzantium) ditaklukan oleh Sultan Muhammad II al-Fatih (1451/1481 M).
Namun pada tahun 1829 M, Kawalla (Utara Yunani) berhasil melepaskan diri dari kekuasaan Turki Utsmani. Muhammad Ali Pasya adalah sosok pembaharu Islam pada abad ke-19 sampai abad ke-20.

Ia adalah orang pertama yang menetapkan landasan kebangkitan modern di Mesir, setelah munculnya kesadaran umat Islam di Mesir akan kelemahan mereka dalam mengahadapi ekspedisi Perancis oleh Napoleon Bonaparte (1769-1821 M).

Perjuangan dalam pembaharuan Islam dimulai pada tahun 1765 M - 1821 M. Ia berhasil masuk dinas kemiliteran dan pangkat yang ia raih dengan cepat naik menjadi perwira. Ia juga seorang perwira yang berhasil merebut kekuasaan di Mesir setelah tentara Perancis kembali ke Eropa tahun 1801 M.

Atas pencapaiannya tersebut, ia berhasil maju sebagai penguasa penuh Mesir. Dan menjadi wakil resmi Sultan (Perwakilan Kerajaan Utsmani) di Mesir. Sebagai seorang pemimpin, ia berhasil merombak dan memodernisasi dalam melakukan upaya pembaharuan.

Pencapaian Muhammad Ali Pasya


Bidang Militer 


Ia memanggil seorang Kolonel Perancis bernama Seve (Mualaf) untuk melatih dan memodernisasi angkatan bersenjata di Mesir. Sehingga sistem militer Mesir pada era ini sudah mengalami perubahan dan menyesuaikan dengan kemajuan militer di Barat.

Bidang Ekonomi


Muhammad Ali Pasya menyadari pentingnya ilmu ekonomi dalam menunjuang sistem perekonomian yang baik. Berkat kebijakannya, Mesir berhasil mendalami ilmu ekonomi yang berkembang di Eropa dengan mengirim beberapa pelajar untuk belajar di sana.

Administrasi Negara


Pencapaiannya dalam bidang ini dapat dilihat dari pendirian beberapa lembaga terkait dengan sekolah modern, seperti :
  1. Kementerian Pendidikan 1815 M
  2. Sekolah Militer 1815 M 
  3. Sekolah Teknik 1816 M 
  4. Sekolah Kedokteran 1827 M
  5. Sekolah Apoteker 1829 M
  6. Sekolah Pertambangan 1834 M
  7. Sekolah Pertanian 1836 M 
  8. Sekolah Penerjemahan 1836 M

Administrasi Birokrasi


Menurutnya birokrasi adalah hal penting yang memiliki pengaruh penting bagi masyarakat Mesir, karena dalam suatu masyarakat perlu adanya pengelompokkan pola seperti budaya, tipe, dan organisasi.

Pertanian dan Pabrik


Bidang Pertanian ia berhasil memaksimalkan produksi kebutuhan pangan bagi masyarakat Mesir. Petani-petani berhasil mengembangkan bibit dan alat-alat pertanian untuk mendorong tahapan produksi sehingga keuntungan atas hasil tersebut dapat diperdagangkan dengan keuntungan banyak.

Sedangkan pabrik-pabrik mulai didirikan di masa kepemimpinan Muhammad Ali Pasya, seperti : pabrik gula, pabrik besi, pabrik sabun, pabrik kertas, pabrik kaca, dan lainnya. 

Penutup

Dengan banyaknya pembaharuan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasya bagi masyarakat Mesir, Mesir berhasil mengalami kemajuan penting di berbagai bidang. Meskipun usahanya ini belum cukup untuk menyamai kejayaan Eropa kala itu. 

Baca juga : Tokoh Pembaharuan Islam : Muhammad Abduh

Namun, usahanya dalam melakukan Pembaharuan Dunia Islam patut diapresiasi oleh kalangan umat Islam di dunia. Setidaknya Muhammad Ali Pasya telah menunjukkan prestasi gemilang terhadap pembaharuan di Mesir

Referensi :
Indonesia. Kementerian Agama Republik Indonesia. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia, 2016.

0 comments