Sejarah Singkat Berdirinya Apple Inc.

Sejarah Singkat Berdirinya Apple Inc. Apple merupakan sebuah perusahaan Silicon Valley yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat. Apple tergolong perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Sekarang Apple dikenal sebagai Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.)

Apple sangat berperan serta dalam merevolusi perkembangan komputer pribadi yang dimulai pada tahun 1970an, dengan produknya yaitu Apple II. Dan pekembangannya terus dilakukan sejak tahun 1980an hingga produknya sampai saat ini bernama Macintosh.

Apple sangat mengerti akan kebutuhan dan kepercayaan dari para penggunanya, beberapa perangkat yang diciptakan Apple sampai saat ini bahkan menjadi salah satu produk terlaris di dunia. Misalnya saja iMac, Macbook, iPod, iPhone, dan iPad yang sukses besar di pasaran.

Perusahaan Apple merupakan perusahaan yang didirikan oleh pencetusnya yaitu Steve Jobs. Tetapi Jobs tidak sendiri dalam mendirikan perusahaan ini, teman dekatnya yaitu Steve Wozniak turut berperan besar dalam perusahaan Apple.
Sejarah Singkat Sistem Operasi Apple, Sejarah berdirinya Apple, Sejarah Kemunculan Apple, Sejarah Sistem Operasi Apple, Sejarah Apple, Apple dan Sejarahnya.
Pada tahun 1975, Wozniak bekerja di Hewlett-Packard yang kemudian membantu temannya yaitu Jobs untuk mendesain video game bagi perusahaan Atari. Wozniak kala itu telah terlebih dahulu terjun ke dunia komputer, ia bahkan telah membeli computer time yaitu jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer.

Dengan memanfaatkan barang-barang yang dapat dibelinya di toko sekitar, Wozniak berhasil merancang dan membuat sebuah komputer bernama Computer Conversor. Computer Conversor adalah sebuah video teletype yang bisa dipakai untuk mengakses minikomputer di Call Computers. Desain dari rancangan Wozniak akhirnya dibeli oleh Call Computers dan beberapa unit berhasil terjual.

Tahun-tahun Pertama


Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Pada tahun 1971 merupakan tahun pertama mereka bertemu yaitu ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. 

The Byte Shop adalah toko komputer yang tertarik untuk membeli komputer rancangan Jobs dan Wozniak. Mengetahui hal ini, Jobs membujuk The Byte Shop untuk membeli perangkatnya. Namun, Byte Shop hanya akan membeli komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan, ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 per unit.

Jobs & Woz 


Komputer racikan atau buatan Wozniak terbatas dalam beberapa keahlian. Salah satunya yaitu dapat menggunakan TV sebagai monitor, monitor ini yang digunakan untuk Woz sebagai cara untuk menampilkan visual sederhana dari komputernya. Komputer ini kemudian diberi nama Apple I.
Walaupun Woz berhasil membuat monitornya sendiri, namun kebanyakan komputer yang ada pada zaman itu tidak memiliki monitor sama sekali untuk menampilkan visual dari suatu program komputer. Sehingga temuan Woz menjadi sangat penting.
Sejarah Singkat Sistem Operasi Apple, Sejarah berdirinya Apple, Sejarah Kemunculan Apple, Sejarah Sistem Operasi Apple, Sejarah Apple, Apple dan Sejarahnya.
Meskipun buah karya dari komputer Apple I ini terbilang masih sangat sederhana, namun teknologi ini dapat dikatakan sebagai sebuah Masterpiece, karena menggunakan komponen yang jauh lebih sedikit dari kebanyakan komputer yang ada pada zaman itu.

Sejarah Perkembangan Logo Apple Inc.


Jobs merupakan seorang yang sangat mengerti tentang seni, terutama hal yang menyangkut desain dari suatu produk. Maka dari itu, produk-produk Apple yang berhasil ia ciptakan tak lain dan tak bukan adalah sebuah karya seni yang penggunaanya mengikuti dengan fungsi produk tersebut.

Steve Jobs berpikir bahwa kebanyakan logo itu sedikit terlalu intelektual dan terlalu detail, sehingga membuat logo itu sulit diingat. Selanjutnya pada tahun 1977 Rob Jannof mendesain ulang logo Apple. Desain kali ini sangat simpel, terdiri dari sebuah apel tergigit dan diisi dengan warna pelangi yang tak berurutan.
Sejarah Singkat Sistem Operasi Apple, Sejarah berdirinya Apple, Sejarah Kemunculan Apple, Sejarah Sistem Operasi Apple, Sejarah Apple, Apple dan Sejarahnya.
Janoff sendiri berpendapat kepada Jobs bahwa apel yang sedikit tergigit di bagian kanan atas itu merupakan sebuah variasi yang digunakan untuk membedakan bahwa logo Apple bukanlah sebuah jeruk ataupun tomat.

Sementara untuk warna pelangi yang tak berurutan bukanlah sebuah penempatan yang tanpa alasan. Urutan warna yang diacak tersebut menunjukan filosofi dari perusahaan Apple yaitu "Keluar dari aturan baku".

Filosofi "Keluar dari aturan baku" memiliki arti yaitu kebebasan dan keberanian perusahaan untuk berinovasi dan merevolusi teknologi. Steve Jobs telah menggunakan logo Apple ini selama 22 tahun terhitung sejak tahun 1977.
Sampai akhirnya pada tahun 1997, ketika Jobs kembali ke perusaaan Apple setelah sempat dikeluarkan dari perusahaannya sendiri, Jobs kembali memodifikasi logo Apple tersebut. Kali ini logo Apple yang dipakai lebih minimalis dengan Logo Apple Monokromatik nya. 

Begitulah bagaimana sejarah singkat perusahaan Apple dapat berdiri dan menjelma menjadi salah satu perusahaan raksasa yang ada di dunia modern. Apple, Inc. sampai saat ini terus melakukan inovasi produk demi mendorong kemajuan teknologi dan berusaha menciptakan sebuah produk yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya.

0 comments