Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia 1

Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia 1. Artikel kali ini merupakan pelengkap dari dua artikel yang sebelumnya diterbitkan lebih dahulu. Artikel ini masih terkait dengan artikel sebelumnya dengan judul Kronologi Penyebab Perang Dunia 1 dan Jalannya Perang Dunia 1.

Perang Dunia 1 merupakan perang besar pertama yang melibatkan banyak negara, khususnya negara-negara di Eropa. Negara-negara yang berpartisipasi antara lain : Inggris Raya, Perancis, Jerman, Austria-Hongaria, Ottoman Turki, Serbia, Russia, Amerika Serikat, dan negara koloni dari Inggris dan Perancis.

Perang Dunia 1 terjadi antara 28 Juli 1914 sampai dengan 11 November 1918. Memakan jutaan korban yang terdiri dari sipil dan tentara. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui sebab umum dan sebab khusus Perang Dunia 1. Berikut kita simak :

Sebab Umum


Perebutan Negara Eropa atas Daerah Jajahan 


Seperti yang kita ketahui bahwa imperialisme dan kolonialisme dimulai dari negara-negara di Eropa. Banyak negara Eropa melakukan ekspedisi panjang untuk memperoleh daerah kekuasaan baru.


Negara-negara yang melakukan ekspedisi tersebut diantaranya Spanyol, Portugal, Inggris, Belanda, dan Perancis. Lantas kenapa Jerman tidak melakukan ekspedisi dan mencari daerah koloni ?


Jerman adalah negara yang sangat maju, banyak penemu lahir dari tanah Jerman. Menurut Otto von Bismarck (PM Jerman) mengatakan : Bahwa Jerman tidak membutuhkan daerah baru atau memperluas kekuasaanya, karena Jerman sudah memiliki semuanya sejak negara ini terbentuk. Untuk itu tugas Jerman saat ini adalah memaksimalkan sumber daya yang ada. 

Bahkan pemikiran Bismarck sangat visioner dan mencintai perdamaian, ia juga tidak pernah menyetujui bahwa Jerman akan terlibat perang dikemudian hari. Namun, setelah Jerman berganti Kaiser, Bismarck merasa disingkirkan, puncaknya tahun 1890 ia mengundurkan diri.


Kaiser baru Jerman yaitu Wilhelm II, menginginkan agar Jerman menjadi negara yang lebih kuat. Kebijakan-kebijakan yang diambil bahkan sangat bertentangan dengan pemikiran Bismarck, ini adalah awal dari sebab terjadinya Perang Dunia 1.

Sementara itu, Inggris dan Perancis masih saja berupaya untuk saling memperluas daerah kekuasaannya. Daerah kekuasaan negara ini umumnya berada di wilayah Afrika dan Asia. Namun, kedua belah pihak akhirnya memutuskan bersatu ketika Perancis mendapat serangan dari Jerman di Perang Dunia 1.

Terjadi Perlombaan Senjata


Setelah Revolusi Industri terjadi di abad ke-18, berbagai macam inovasi produk terus saja dikembangkan, tak terkecuali dengan industri militer. Industri Militer di abad ke-20 mencapai masa keemasannya.


Karena di era ini berbagai macam temuan di bidang militer terus saja lahir dari tahun ke tahun. Tank, Artileri, dan Pesawat Tempur adalah tiga diantara banyak peralatan militer modern yang digunakan di Perang Dunia 1.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 1, penyebab perang dunia 1, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 1, Sebab Perang Dunia 1
Hal ini membuat tiap negara di Eropa berlomba untuk memperkuat pertahanan negara mereka dengan menggunakan peralatan militer canggih. Sebut saja Inggris, Inggris di era ini sangat terkenal dengan Kapal Tempur canggih.

Inggris adalah negara yang terkenal memiliki armada laut tangguh sejak abad ke-17, Inggris juga terus memodernisasi armada lautnya sampai Perang Dunia 1 pecah. Kapal Inggris tersebar di banyak perairan di dunia, seperti Asia, Amerika, Afrika, Australia, dan tentunya Atlantik.

Dibawah komando Kaiser Wilhelm II, Jerman mulai membangun beberapa pangkalan armada tempur di beberapa daerah yang kemudian memicu negara-negara di Eropa untuk meningkatkan kekuatan armada tempurnya masing-masing. 

Pada Perang Dunia 1, Jerman berhasil meluncurkan kapal selam pertama (Submarine) di dunia. Submarine ini dioperasikan di laut Atlantik, dan berhasil menghancurkan jutaan tonase kapal dagang Inggris dan Amerika Serikat. 

Kapal Selam Jerman dikenal dengan sebutan U-boat. U-boat nantinya akan terus dikembangkan dan digunakan saat Perang Dunia 2 pecah. Bahkan di PD2, U-boat memiliki sebutan baru yaitu Pemburu Atlantik, karena keberhasilannya menghancurkan kapal Inggris-AS yang melintasi Samudera Atlantik.


Politik Mencari Kawan


Sebelum pecahnya Perang Dunia 1, negara-negara di Eropa terlebih dahulu terbagi atas dua aliansi besar. Aliansi yang dibentuk yaitu Triple Alliance dan Triple Entente, Triple Alliance terdiri dari : Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia. Kemudian menyusul Ottoman Turki yang bergabung menjelang Perang Dunia 1 pecah.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 1, penyebab perang dunia 1, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 1, Sebab Perang Dunia 1
Sedangkan Triple Entente terdiri dari : Inggris, Perancis, dan Russia. Sebelumnya pada tahun 1873, berkat kejeniusan Bismarck, Jerman berhasil membentuk Persekutuan Tiga Kaisar dengan anggota Jerman, Austria-Hongaria, dan Russia. 
Namun tahun 1890, persekutuan tersebut terpaksa bubar dikarenakan Kaiser Wilhelm II menolak untuk memperpanjang perjanjian perdamaian (reasuransi) dengan Russia, sebelumnya perjanjian perdamaian ini adalah hasil kejeniusan dari Bismarck.

Russia merasa dirinya terkepung oleh letak geografis yang diapit oleh Jerman dan Turki, pada tahun 1894 Russia akhirnya berhasil menggandeng Perancis untuk bersatu mengantisipasi kebijakan Jerman.

Sebagai gantinya, Jerman menggandeng Italia sebagai Persekutuan Tiga Kaisar, menggantikan posisi dari Russia. Namun, Italia pada akhirnya memilih untuk berpindah pihak dan bergabung dengan Triple Entente.

Kisruh di Semenanjung Balkan


Negara-negara Balkan adalah penyebab pecahnya Perang Dunia 1. Karena di wilayah ini terdapat dua negara yang bersekutu dengan dua aliansi besar, yaitu Austria-Hongaria beraliansi dengan Tripple Alliance dan Serbia yang menjadi adik dari Russia.

Tahun 1893, tiga tahun setelah Otto Von Bismarck mengundurkan diri dari jabatannya, ia sempat mengatakan dan memprediksi bahwa Dua puluh tahun dari sekarang akan terjadi perang hebat yang akan melibatkan seluruh Eropa akibat dari kebodohan negara-negara di daerah Balkan.

Dan prediksi dari Bismarck pun hampir tepat, hanya saja meleset satu tahun dari prediksinya. Pada bulan Oktober 1912 - Mei 1913, Perang Balkan I pecah yang melibatkan peperangan antara Turki melawan seluruh negara Balkan.

Wilayah Balkan merupakan wilayah yang berada di bawah kekuasaan Ottoman Turki. Namun, terjadi gerakan perlawanan rakyat yang beragama katolik untuk melepaskan diri dari Kekuasaan Ottoman Turki. Dan pergerakan ini dipelopori oleh gerakan di Serbia.

Sebab Khusus


Terakhir sebab khusus, ini adalah puncak dari segala penyebab pecahnya Perang Dunia 1. Berkat peristiwa ini, maka dimulailah perang besar yang disebut sebagai Perang Dunia 1, untuk itu berikut sebab khusus dari serangkaian peristiwa yang telah terjadi.

Terbunuhnya Putra Mahkota Austria-Hongaria bernama Franz Ferdinand


Konflik di Balkan tak kunjung reda dan semakin memanas dari waktu ke waktu. Serbia berambisi menyatukan sebagian dari bangsa Slavia, tujuannya diimplementasikan dari pembentukan Yugoslavia yang terdiri dari gabungan Serbia, Slovenia, Bosnia, Kosovo, Croatia, dan Makedonia.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 1, penyebab perang dunia 1, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 1, Sebab Perang Dunia 1
Namun, ambisi Serbia terpaksa sirna setelah Austia-Hongaria berhasil menduduki negara Bosnia-Herzegovina. Sebuah Gerakan di Serbia kemudian merencanakan strategi licik yaitu berusaha memulai perang dengan rencana pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand yang hendak berkunjung ke Sarajevo (ibukota Bosnia).


Dan rencana ini pun benar-benar dilaksanakan oleh gerakan tersebut, penembakan ini dilakukan oleh pemuda Nasionalis Serbia dan anggota Black Hand. Pembunuhan ini dilakukan dengan cara menembakkan pistol dari jarak dekat ke arah Franz Ferdinand dan istrinya.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 1, penyebab perang dunia 1, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 1, Sebab Perang Dunia 1
Berita kematian Pangeran Franz Ferdinand dan istrinya kemudian membuat seluruh Eropa gempar dan kaget. Peristiwa ini akhirnya menjadi pemicu meletusnya Perang Dunia 1. Austria-Hongaria dan Tripple Alliance nya kemudian bersatu dan menyerukan perang kepada Tripple Entente.

Dengan ini usai sudah ulasan mengenai Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia 1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Perang Dunia 1 memang disebabkan oleh pembunuhan seorang Pangeran Austria-Hongaria oleh pemuda Serbia.


Cerita tentu berbeda jika yang terbunuh bukan seorang Pangeran, namun keinginan negara-negara di Eropa untuk berperang memang sudah terlihat sebelum peristiwa pembunuhan ini terjadi. Hanya saja, mereka menunggu moment yang pas bagaimana untuk memulai perang.

0 comments