Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam

Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam. Gerakan pembaharuan Islam muncul sebagai suatu upaya menyesuaikan ajaran Islam dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dalam bahasa Arab, istilah Gerakan pembaharuan Islam disebut tajdîd.

Sedangkan secara harfiah tajdîd berarti sebuah pembaharuan, yang pelakunya disebut mujaddid. Dalam perkembangannya, Islam terus melakukan upaya pembaharuan sejak masa-masa awal sejarah Islam hingga sekarang.
Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Latar Belakang Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Sebab Kemunculan Gerakan Pembaharuan Dunia Islam.
Karena setiap masalah baru yang dihasilkan oleh perkembangan zaman, belum tentu memiliki ketentuan hukum sebelumnya. Untuk itu kaum muslimin diharuskan untuk segera mencari jawaban (ber-ijtihad) atas permasalahan tersebut.

Jawaban tersebut dapat diperoleh melalui metode qiyas, ijma' dan lainnya dengan tetap merujuk pada al-Qur'an dan al-Hadist. Dalam hal ini Rasulullah Saw pernah mengisyaratkan, “Sesungguhnya Allah akan mengutus kepada umat ini (Islam) pada permulaan setiap abad orang-orang yang akan memperbaiki (memperbaharui) agamanya” (HR. Imam Abu Dawud).

Meskipun istilah tajdîd telah diperkenalkan sejak lama, namun kepopulerannya dimulai pada abad ke-18 Masehi. Yaitu setelah kemunculan gaung pemikiran dan gerakan pembaharuan Islam di Mesir, imbas dari persinggungan intelektual dan politik antara Islam dengan dunia Barat.

Pendapat Pakar tentang Tajdîd


Beberapa pakar mengatakan, gerakan pembaharuan Islam disebut juga sebagai gerakan modernisasi / gerakan reformasi Islam. Dengan berkembangnya pembaharuan ini, para pemimpin Islam diharapkan tidak tertinggal dalam kemajuan ilmu dan teknologi modern. 

Sehingga para pemimpin Islam dapat terbebas dari ketertinggalan yang mencangkup banyak bidang, bahkan mampu menyamai atau melebihi pencapaian yang diraih oleh bangsa-bangsa lain di dunia. 

Point atau catatan yang perlu diingat dari gerakan pembaharuan Islam yaitu gerakan ini bukan berarti  mengurangi, mengubah, atau menambahi teks al-Qur’an maupun al-hadits, tetapi hanya menyesuaikan pemahaman atas keduanya dalam menjawab tantangan zaman yang terus berubah dari waktu ke waktu.

Maka dengan demikian, pembaharuan Islam memiliki maksud mengembalikan sikap dan pandangan hidup umat Islam agar sejalan dengan semangat al-Qur’an dan as- Sunnah sebagaimana yang dicontohkan oleh ulama salafus shalih terdahulu. 

Sebab Kemunculan Gerakan Pembaharuan Dunia Islam


Pemikiran dalam memperbaharui atau memodernisasi dunia Islam timbul dikarenakan adanya kontak/interaksi yang terjadi antara dunia Islam dengan dunia Barat. Adanya interaksi ini mengakibatkan umat Islam di abad-19 mulai menyadari bahwa mereka merasa tertinggal dengan peradaban dunia Barat.

Umat Islam menyadari bahwa dirinya telah mengalami kemunduran dibanding dunia Barat yang saat itu mulai menemukan titik kemajuan dalam hal peradaban. Jauh sebelum periode modern, interaksi antara Islam dengan Barat sebenarnya sudah terjadi.

Hal ini sudah mungkin terjadi karena letak Eropa dan Arab yang berdekatan, terlebih lagi interaksi antara Kerajaan Utsmani (yang memiliki sebagian wilayah di Eropa) dengan beberapa negara Barat. 

Interaksi ini terjadi semakin intens ketika kekuatan Mesir dijatuhkan oleh Napoleon Bonaparte dari Perancis (1798-1801 M). Tak lama berselang disusul dengan kemunculan dan perkembangan imperialisme Barat terhadap negara-negara muslim lainnya.

Kondisi ini akhirnya membuka pemikiran pemuka-pemuka intelektual dan pemerintahan Islam di Mesir untuk segera mengadakan upaya-upaya pembaharuan. Untuk memperbaiki dan mengembalikan pengaruh Islam baik di negara-negara Islam sendiri atau pun negara lainnya.


Hal-Hal yang Mendorong Gerakan Pembaharuan Islam


Adanya Sifat Jumud


Jumud memiliki arti yaitu stagnan/tak berkembang. Adanya sifat jumud dikalangan umat Islam membuat umat Islam berhenti untuk terus berusaha dan berpikir, selama mereka tetap mempertahankan sifat jumud maka tidak mungkin bagi mereka untuk mengalami kemajuan.

Karena kemajuan masyarakat hanya dapat dilalui melalui pengkajian ilmu pengetahuan secara terus menerus yang diaplikasikan dalam teknologi terapan dan kehidupan sosial demi kemajuan masyarakat.

Persatuan Umat Islam Mulai Terpecah


Seorang Muslim tidak akan mengalami kemajuan apabila tidak ada persatuan dan kesatuan yang diikat oleh tali ukhuwah Islamiyah. Untuk itu diperlukan sebuah gerakan pembaharuan yang berusaha memberikan inspirasi pada seluruh Umat Islam agar bersatu melawan imperialisme barat.

Akibat dari Interaksi antara Dunia Islam dan Dunia Barat


Sesungguhnya kita perlu bersyukur atas terjadinya kontak antara dunia Islam dengan dunia Barat. Karena dengan adanya interaksi ini, umat Islam disadarkan bahwa mereka telah mengalami kemunduran dibandingkan Barat.
Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Latar Belakang Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Sebab Kemunculan Gerakan Pembaharuan Dunia Islam.
Terutama pasca terjadinya perang antara kerajaan Utsmani dan kerajaan-kerajaan di Eropa, dimana dalam hal ini kerajaan Utsmani mengalami kekalahan padahal sebelumnya kerajaan Utsmani selalu menang dalam peperangan. 

Hal ini membuat tokoh-tokoh kerajaan Utsmani memiliki segudang pertanyaan, bagaimana mereka dapat dikalahkan dalam peperangan ? Hasilnya mereka mengetahui bahwa kekalahan tersebut diakibatkan dari Sistem Militer Modern yang digunakan oleh kerajaan-kerajaan Eropa. Sehingga pembaharuan dalam dunia Islam salah satunya dipusatkan pada bidang militer.

Pembaharuan Dunia Islam Berbeda dengan Renaissance 


Renaissance yaitu gerakan pembaharuan masyarakat Eropa untuk melepaskan diri dari masa kegelapan menuju masa pencerahan. Dianggap oleh mayarakat Eropa sebagai jembatan antara abad pertengahan ke abad modern.


Jika Barat memisahkan antara peran Agama dengan kehidupan masyarakat, maka hal ini tidak berlaku untuk Islam. Karena pembaharuan dalam Islam bertujuan untuk memperkuat prinsip dan ajaran Islam itu sendiri demi kemaslahatan umat dan dunia.

Jika sebelumnya umat Islam menjadi pusat peradaban dan disebut sebagai Golden Age, hal terjadi sebaliknya ketika Renaissance muncul. Ketika lahir Renaissance, Barat justru mengalami kemajuan dan berhasil melakukan ekspansi wilayah perdagangan baru, sedangkan Islam mengalami kemunduran.

Kejatuhan Byzantium 1453 M sampai Abad ke-19


Sejak Romawi Timur (Byzantium) dikalahkan oleh Kesultanan Utsmaniyah tahun 1453 M, bangsa Barat memasuki zaman kegelapan Dark Age. Perdagangan antara Barat dengan Asia (Jalur Sutera) menjadi terputus, hal ini diakibatkan Byzantium terletak di Konstatinopel (Istanbul, Turki).
Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Latar Belakang Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Sebab Kemunculan Gerakan Pembaharuan Dunia Islam.
Karena pusat Byzantium di Konstatinopel (Penghubung Jalur Sutera) dikalahkan oleh Ottoman Turki, maka bangsa Barat harus mencari cara lain untuk menuju wilayah Asia. Sejak Konstatinopel dikuasai oleh Islam otomatis seluruh laut Mediterania dibawah kendali Islam.

Namun sejak Barat memasuki masa kegelapan atau Dark Age, lahir lah sebuah ekspedisi yang akan merubah dunia modern seperti saat ini. Christoper Columbus tahun 1492 M berhasil menemukan benua Amerika, juga Vasco da Gama yang berhasil menemukan jalur ke Timur melalui Tanjung Harapan pada tahun 1498 M.


Dengan ditemukannya jalur-jalur baru tersebut, telah menjadikan Benua Amerika dan kepulauan Hindia jatuh ke tangan bangsa Eropa (Barat). Akibatnya Barat tidak lagi bergantung pada Jalur Sutera yang telah dikuasai oleh umat Islam.
Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Latar Belakang Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, Sebab Kemunculan Gerakan Pembaharuan Dunia Islam.
Kemajuan bangsa Barat yang diraih secara berturut-turut pasca perang salib (1096-1453 M), didorong oleh adanya gerakan perluasan perdagangan, dan dipercepat dengan adanya gerakan penggalian ilmu pengetahuan atau revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke-16.

Revolusi ilmu pengetahuan di Barat telah melahirkan ilmuwan seperti René Descartes, Galileo Galilei, Francis Bacon yang didukung oleh pengembangan lembaga riset yang didanai oleh Inggris dan Perancis seperti The Royal Society of England, The Royal Improving Knowledge, dan The French Academy of Science.

Revolusi ilmu nantinya akan berkembang dan melahirkan Revolusi Industri di Barat (1750-1850 M). Revolusi Industri menimbulkan terjadinya perubahan besar-besaran di bidang transportasi, pertambangan, manufaktur, pertanian, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi ekonomi, sosial, dan budaya di dunia. 


Dari ekspansi perdagangan yang dilakukan oleh Barat, dapat diketahui bahwa Barat tidak hanya memiliki motif ekonomi, tetapi juga motif kekuasaan dan agama. Tiga misi yang dilakukan barat dikenal sebagai 3G yaitu Gold, Glory, Gospel yang diaplikasikan dalam menaklukan negara-negara Islam di dunia.

Kesimpulan


Dari perjalanan panjang pembaharuan yang dilakukan oleh dunia Islam dan Barat, sangat jelas kedua aspek ini saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Hanya saja perbedaan waktu dan motif dari masing-masing bangsa lah yang menghasilkan bentuk dunia modern saat ini.

Baca juga : Tokoh Pembaharuan Islam Muhammad Ali Pasya

Seperti judulnya Penyebab Munculnya Gerakan Pembaharuan Dunia Islam, maka sudah seharusnya kita memulai untuk berbenah diri agar ilmu pengetahuan yang kita dapat tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi dapat diamalkan untuk kemaslahatan umat.

Baca juga : Tokoh Pembaharuan Islam : Muhammad Abduh

Serupa dengan Barat yang banyak belajar dari peradaban Islam di masa Golden Age, kita juga harus melakukan hal yang sama pula. Sehingga Gerakan Pembaharuan Dunia Islam menjadi pelopor agar umat Islam di dunia tidak lagi tertinggal dalam hal teknologi dan ilmu pengetahuan serta sejalan dengan prinsip dan ajaran Islam.

Referensi :
Indonesia. Kementerian Agama Republik Indonesia. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia, 2016.

0 comments