Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia 2

Sebab Umum dan Khusus Perang Dunia 2. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang benang merah dari Perang Dunia 2, kali ini akan saya buat sedikit ringkasan yang akan menjadi pelengkap artikel utama yaitu Jalannya Perang Dunia 2.

Perang Dunia 2 terjadi bukan tanpa sebab, banyak faktor yang membuat pecahnya perang terbesar sepanjang sejarah ini. Faktor-faktor tersebut tidak lain dan tidak bukan merupakan masalah yang timbul dari interaksi antar negara-negara peserta Perang Dunia 2.

Untuk itu disini kita akan membahas dan menjabarkan faktor-faktor tersebut sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa Perang Dunia 2 merupakan sebuah perang yang bukan tanpa sebab. Oke langsung saja..

Sebab Umum


Politik Balas Dendam


Kalian masih ingat ketika Jerman dikalahkan oleh pasukan yang mengaku dirinya sekutu ? yap benar sekali, penyebab munculnya Perang Dunia 2 salah satunya adalah rasa ingin balas dendam atas kekalahan Jerman pada Perang Dunia 1.

Setelah Perjanjian Versailles ditanda tangani oleh kedua pihak baik sekutu maupun Jerman pada tahun 1919, hal ini berdampak pada menurunnya harga diri bangsa Jerman di mata dunia. Jerman sebagai negara yang kalah perang dibebani oleh tanggung jawab penuh atas kerugian selama perang.

Sehingga Jerman selama beberapa tahun kedepan mengalami masa-masa sulit dalam hal perekonomian, negara mereka mengalami inflasi yang terus menerus menggerogoti kekuatan negara mereka sendiri.

Persaingan Ideologi


Ketika Republik Weimar runtuh pada tahun 1933, Adolf Hitler dan pahamnya NSDAP (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei) berhasil naik tahta untuk memimpin rakyat Jerman. Dalam usahanya mencuri simpati dari rakyat Jerman, Hitler memegang teguh paham yang dianutnya dan kemudian menyebarkannya dengan pidato yang memikat banyak orang.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 2, penyebab perang dunia 2, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 2, Sebab Perang Dunia 2
Saat Perang Dunia 1 usai, masih banyak jutaan prajurit Jerman yang berada di garis musuh. Mereka heran karena mereka tidak merasa dikalahkan dalam perang, sehingga mereka sangat meyakini bahwa perang usai karena mereka dikhianati dari belakang.

Mereka meyakini telah dikhianati oleh kelompok Marxis dan Yahudi yang telah memunculkan perbedaan pendapat di negara mereka. Dengan dugaan ini, rakyat Jerman termakan oleh godaan Hitler dan partainya yang berjanji bahwa "Saya (Hitler) akan menghancurkan penyakit yang membuat Jerman hancur". Setelah itu Partai Buruh Jerman yang dikemas dengan nuansa Nasionalisme sukses menguasai Jerman.

Politik Ekspansi dan Mencari Kawan


Seiring meningkatnya tensi politik di kawasan Eropa, membuat negara-negara di Eropa menjadi khawatir akan keberlangsungan negaranya dimasa datang. Jerman yang mulai bangkit dari keterpurukannya sukses membawa dirinya kembali menjadi salah satu negara besar di Eropa.

Perlahan-lahan Jerman berhasil menguasai wilayah yang pada Perang Dunia 1 diserahkan kepada negara sekitar Jerman. Jerman juga berhasil menguasai Ceko, Austria, sebagian wilayah Polandia timur saat tahun-tahun terakhir sebelum tahun 1939.

Keberhasilan Jerman menyatukan negara-negara yang berbahasa Jerman membuat sekutu semakin khawatir sehingga mereka memulai memperkuat aliansi dan pasukan mereka. Sebaliknya, banyak negara lain seperti Italia dan Spanyol menunjukkan ketertarikannya untuk menjalin hubungan dengan Jerman.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 2, penyebab perang dunia 2, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 2, Sebab Perang Dunia 2
Seiring berjalannya waktu Politik Ekspansi dan Mencari Kawan ini akan menghasilkan aliansi-aliansi para peserta Perang Dunia 2, diantaranya :
Blok Fasis = Jerman, Italia dan Jepang
Blok Sekutu = Perancis, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Soviet

Kegagalan LBB Menciptakan Perdamaian


Peran serta LBB untuk mempertahankan perdamaian dunia tidak mampu mencegah terjadinya Perang Dunia 2. LBB dinilai gagal untuk mengatasi berbagai masalah yang menyangkut negara-negara di dunia, khususnya negara-negara yang terletak di daratan Eropa.

Kegagalan LBB yang kemudian menciptakan masalah yang lebih mengerikan dari Perang Dunia 1, yaitu masalah terus menerus yang nantinya akan membawa masyarakat dunia sekali lagi beraksi di panggung dunia pada Perang Dunia 2. 


Perlombaan Senjata


Pengembangan dan penelitan untuk menciptakan senjata yang lebih maju dan canggih terus dilakukan selama periode 1930-an. Daratan Eropa seakan tidak dapat melupakan kejadian pada Perang Dunia 1.
Sebab umum dan Khusus Perang Dunia 2, penyebab perang dunia 2, penyebab umum dan penyebab khusus perang dunia 2, Sebab Perang Dunia 2
Bahkan dapat kita katakan bahwa, harus ada perang selama dunia masih berputar. Ini merupakan fakta karena kenyataannya dari tahun ke tahun, periode ke periode, atau abad ke abad pasti selalu saja terdapat berbagai macam perang yang melanda di dunia ini. Hal ini tentu akan membuat nafsu manusia dalam menciptakan senjata sulit untuk dihentikan.

Sebab Khusus

Selain sebab umum yang menjadi tanda dimulainya Perang Dunia 2, terdapat sebab khusus yang menjadi faktor penyebab ketertarikan negara-negara besar untuk ikut berperang dalam Perang Dunia 2. Sebab khusus itu diantaranya sebagai berikut :

Serangan Danzig, 1 September 1939


Penyerangan kali ini merupakan rangkaian serangan yang dilancarkan Jerman kepada Polandia guna menyatukan Prussia Timur dan Jerman Utama. Danzig merupakan sebuah kota pelabuhan yang pada Perjanjian Versailles diserahkan kepada Polandia untuk memberikan akses laut kepada Polandia.

Jerman melancarkan meriam pertamanya ke wilayah ini, kemudian berhasil menduduki dan menguasai wilayah tersebut dengan perang kilat "Blitzkrieg". Negara-negara sekutu yang tidak terima karena Polandia merupakan negara merdeka, segara medeklarasikan perang kepada Jerman. Inggris dan Perancis menjadi negara utama yang langsung mendeklarasikan perang kepada Jerman.


Serangan Pearl Harbor, 7 Desember 1941


Serangan ini merupakan serangan yang melibatkan Jepang dan Amerika Serikat, serangan ini menjadi tanda dimulainya perang dunia di wilayah Pasifik. Jepang membombardir pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, saat penyerangan terjadi kedua negara tidak mendeklarasikan perang terlebih dahulu.

Jepang bahkan sempat menandatangai gencatan senjata kepada Amerika Serikat. Serangan yang tidak fair ini kemudian menyulut kemarahan rakyat Amerika Serikat, Roosevelt selaku Presiden Amerika Serikat kemudian dengan segera mendeklarasikan perang kepada Jepang. 

Dengan berkumpulnya semua negara-negara besar yang ada di dunia, membuat Perang Dunia 2 berjalan dengan sangat menarik. Untuk itu baca artikel "Jalannya Perang Dunia 2" untuk mengetahui kelanjutan dari Perang ini dan bagaimana akhir dari Perang Dunia 2. Sampai Jumpa !

0 comments