Arti Renaissance dan Sejarah Kemunculannya

Sejarah kemunculan dan arti Renaissance. Renaissance merupakan gerakan budaya yang berkembang dari abad ke-15 sampai ke-16 yang pertama kali diperkenalkan di negara Italia. Setelah kemunculannya pertama kali renaissance kemudian mulai menyebar di seluruh Eropa. Dengan ditemukannya teknologi baru berupa kertas dan barang metal, hal ini mampu mempercepat persebaran renaissance.

Renaissance disebut sebagai jembatan antara abad pertengahan dan zaman modern. Sedangkan untuk artinya sendiri, Renaissance memiliki arti yaitu "kelahiran kembali", kata tersebut diambil dari bahasa Latin dengan kata Re berarti kembali dan Naitre berarti lahir. 
Arti Renaissance dan Sejarah Kemunculannya, apa itu renaissance, sejarah renaissance, tokoh-tokoh renaissance
Secara umum kata renaissance dapat diartikan sebagai peralihan antara abad pertengahan ke abad modern, ditandai dengan lahirnya berbagai kreasi baru yang diilhami oleh Kebudayaan Eropa Klasik (Yunani dan Romawi) yang lebih bersifat duniawi. 

Sejarah Kemunculan Renaissance


Renaissance dimulai di Italia, setelah runtuhnya Romawi Barat tahun 476 M menjadi beberapa bagian, Italia mengalami kemunduran, kota-kota pelabuhan di Italia menjadi sepi. Selama abad 8-11 perdagangan di laut tengah dikuasai oleh pedagang muslim. 

Namun sejak berlangsungnya Perang Salib (abad 11-13) pelabuhan-pelabuhan di Italia menjadi ramai kembali untuk pemberangkatan pasukan perang salib ke Palestina. Setelah era Perang Salib berakhir pelabuhan-pelabuhan di Italia berubah menjadi kota dagang yang berhubungan kembali dengan dunia timur. 

Mulai saat itu muncul Republik Dagang di Italia seperti Genoa, Florence, Venesia, Pisa di Milano. Kota-kota ini dikuasai oleh para pengusaha serta pemilik modal yang kaya raya disebut golongan borjuis antara lain keluarga Medicci dari Florence. Mereka mendorong terjadinya pendobrakan terhadap pola-pola tradisional dari abad pertengahan.

Berbicara tentang renaissance yang berarti berubahnya pandangan hidup seseorang, tidak dapat dilepaskan dari dominasi gereja yang sangat kuat pada zaman itu. Semua aspek kehidupan diatur oleh gereja. Agama Kristen sangat mempengaruhi berbagai kebijakan yang dibuat oleh raja-raja. Hidup seseorang selalu dikaitkan dengan tujuan akhir (ekstologi). Kehidupan manusia pada hakekatnya sudah ditentukan oleh Tuhan. Maka tujuan hidup manusia adalah mencari keselamatan.

Renaissance lahir sekitar abad ke 15-16 M, tatkala kaum intelektual, politik, dan seniman di daratan Eropa serentak bertekad untuk mengadakan suatu gerakan pembaharuan yang menginginkan kebebasan berpikir untuk merubah doktrin agama yang dirasakan sangat mengekang kemerdekaan batin.

Sebab utama lahirnya renaissance adalah karena keterkejutan orang-orang Eropa menyaksikan hancurnya imperium Romawi Timur oleh kaum Muslimin, terutama dengan peristiwa jatuhnya Konstantinopel yang menghasilkan penaklukan Kesultanan Turki atas Romawi Timur (Byzantium) pada tahun 1453 M.

Renaissance merupakan sebuah awal dari peradaban modern yag lahir dari semangat dan ketertarikan pandangan hidup seseorang, salah satunya adalah pandangan manusia tidak hanya berorientasi pada akhirat tetapi manusia harus mulai memikirkan kehidupannya sendiri di dunia ini.

Konsep ini nantinya akan berkembang yang menjadikan manusia lahir di dunia untuk menikmati dan menyempurnakannya terlebih dahulu, baru jika itu semua terlaksana mereka mulai memikirkan tentang akhirat. Jadi dalam hal ini, manusia bukan budak melainkan majikan atas dirinya sendiri.

Semakin kuatnya Renaissance sekularisasi tumbuh semakin kuat, hal ini menyebabkan agama semakin diremehkan bahkan terkadang digunakan untuk kepentingan sekularisasi itu sendiri. 


Tokoh-tokoh di era Renaissance 


Sejarah renaissance tidak dapat dilepaskan dari kontribusi tokoh-tokoh besar yang menjadi pendukung atau pioner gerakan renaissance, berikut beberapa tokoh yang dianggap berperan besar dalam perkembangan renaissance :

Roger Bacon (1214-1294)
Beliau berpendapat bahwa pengalaman (empiris) menjadi landasan utama bagi awal dan ujian akhir bagi semua ilmu pengetahuan. Matematika merupakan syarat mutlak untuk mengolah semua pengetahuan.

Copernicus (1478-1543)
Ia mengatakan bahwa bumi dan planet semuanya mengelilingi matahari, sehingga matahari menjadi pusat (heliosentrisme). Pendapat ini berlawanan dengan pendapat umum yang berasal dari Hipparchus dan Ptolomeus yang menganggap bahwa bumi sebagai pusat alam semesta (geosentrisme).

Selain kedua tokoh tersebut masih banyak tokoh penting lainnya pada era Renaissance seperti Leonardo Da Vinci (1452-1519), Niccolo Machiavelli (1469-1527), Christopher Colombus (1451-1506) dan masih banyak lagi.

0 comments