Jalannya Perang Dunia 2

Jalannya Peristiwa Perang Dunia 2. Perang dunia 2 merupakan perang modern paling mematikan sepanjang sejarah, perang ini mampu menghabisi 50-70 juta jiwa dalam kurun waktu 6 tahun (1939-1945). Semua negara besar di dunia ikut serta dalam perang dunia 2 ini. Eropa sekali lagi menjadi sumber masalah dimulainya perang dunia 2.

Perang dunia 2 terjadi karena kesulitan ekonomi, keterpurukan, dan inflasi yang dialami Jerman akibat dari perjanjian setelah Perang Dunia 1. Faktor tersebut mendorong munculnya tokoh paling berpengaruh di abad-20 yaitu Adolf Hitler dan Ideologinya yang terkenal yaitu Nazi (Nationalsozialismus) atau dalam bahasa Indonesia Nasional Sosialisme. Adolf Hitler berencana untuk menguasai dunia dibawah ras arya sebagai pondasinya. 
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2, situs buntu
Paham fasisme mulai lahir di beberapa negara di era ini, seperti di Jerman, Italia, dan Jepang. Bahkan bagi De Fuhrer Adolf Hitler "Jermanlah yang paling unggul" mengungguli ras-ras lainnya. Untuk itu peristiwa ini akan sangat menarik jika kita telusuri lebih lanjut, bagaimana jalannya perang dunia 2 ? langsung saja simak artikel berikut.. Jika ingin membaca penyebab Perang Dunia 2, silahkah ke Sebab Umum dan Sebab Khusus Perang Dunia 2.

1939


1 September 1939, Hitler yang telah menjadi pemimpin tunggal di Jerman memulai serangan pertamanya ke Danzig, Polandia. Alasan Hitler menyerang kota ini sangat sederhana, Ia menganggap bahwa Danzig merupakan "Keganjilan Terburuk dari Perjanjian Versaille".
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Fyi, setelah perang dunia 1 selesai pada tahun 1919 wilayah Jerman terbagi menjadi dua bagian yaitu timur dan barat. Kedua wilayah Jerman ini terpisah untuk memberikan Polandia akses ke laut, yaitu dengan Perjanjian Versaille yang menyatakan Danzig menjadi wilayah Polandia yang sebelumnya merupakan wilayah Jerman.

Disaat yang bersamaan Hitler yakin bahwa aneksasi Danzig tidak akan memancing kemarahan sekutu untuk berperang. Tetapi hal terjadi diluar dugaan Hitler, tanggal 3 September, duta besar Inggris di Berlin mendeklarasikan perang kepada Jerman disusul beberapa jam kemudian Perancis ikut mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Hitler sungguh tidak percaya, bagaimana bisa perang dimulai hanya untuk wilayah Danzig.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Namun, dadu sudah dilempar tanda perang dunia akan dimulai. Para Jenderal Jerman langsung merespon dengan merencanakan perang yang akan terjadi di dua front (front timur dan front barat) dengan meluncurkan Wehrmacht yang bergerak menginvasi Polandia terlebih dahulu. Sesaat setelah Perancis mendeklarasikan perang, mereka langsung memobilisasi 4 juta prajurit yang akan dikirimkan ke garis pertahanan Maginot.

Fyi, Garis Maginot adalah garis pertahanan Perancis yang dibuat oleh Andre Maginot (Menteri Perang Perancis), garis ini dibuat langsung berhadapan dengan garis pertahanan Jerman yang disebut Siegfried Line. Maginot's Line merupakan garis pertahanan yang membentang sepanjang perbatasan Perancis-Jerman, memiliki panjang 100 km dan diklaim sebagai pertahanan paling kuat di era itu.

Jerman memfokuskan perang di front timur terlebih dahulu, yaitu dengan mencaplok sisa wilayah Polandia yang belum dikuasai Jerman. Perang difokuskan ke Warsawa, Polandia. 20 September, Jerman masih menggempur Warsawa namun kota ini masih bertahan. Sementara di Amerika, Presiden Franklin D.Roosevelt berpidato yang isinya "Amerika menyatakan untuk bersikap netral dan tak ingin ikut campur terhadap perang yang sedang terjadi di Eropa".

Jerman terus menyerang Polandia Barat, sedangkan Soviet menyerang Polandia Timur. Hal ini didasari atas kesepakatan Pakta non Agresi Molotov-Ribbentrop, yang isinya Jerman dan Soviet sepakat untuk membagi wilayah Polandia; Jerman dan Soviet juga sepakat untuk membagi wilayahnya nanti di Eropa Utara.

Beralih ke Front Barat, setelah 4 juta pasukannya di mobilisasi ke garis Maginot, Jenderal Gamelain (Perancis) mempersiapkan rencana untuk menahan invasi Jerman ke Perancis. Belajar dari kesalahan tahun 1914, Perancis tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama. Fyi, pada tahun 1914 (PD1) Jerman menyerang Perancis melalui tanah Belgia, meskipun Belgia saat itu bersikap netral. 

Ingin mengalahkan Jerman, Gamelain kemudian memperkokoh dan memfokuskan pertahanan militernya ke daerah Belgia. Dengan tujuan pasukannya akan menghentikan laju Jerman di tanah Belgia dengan bantuan pasukan gabungan sekutu (Inggris, Kanada, Australia).

Namun salah satu Jenderal Wehrmacht yang cerdas Erich von Manstein memiliki rencana lain, yaitu membiarkan sebagian pasukannya menuju Belgia. Tetapi tetap memfokuskan penyerangan melalui Hutan Ardenne dengan harapan pasukannya ini mampu mengejutkan tentara Perancis-Sekutu dengan bergerak ke utara menuju laut dan menutup gerak pasukan sekutu. 
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Sehingga dapat digambarkan Jerman berupaya menutup ruang gerak sekutu dengan pasukan yang bergerak dari Belgia dan pasukan dari Hutan Ardenne yang akan melakukan gerakan sabit.

Fyi, Hutan Ardenne dipilih sebagai jalan untuk menginvasi Perancis karena wilayah ini merupakan titik terlemah dari Garis Maginot, dimana Maginot's Line terhenti di perbatasan Perancis-Belgia. Dikarenakan Perancis menganggap Belgia merupakan sekutu nya, untuk itu mereka akan menghentikan laju Jerman di tanah Belgia.

Di front timur, Jerman berhasil menguasai polandia Barat, tentara Polandia menyerah kepada Jerman di barat dan menyerah kepada Soviet di timur. Dengan ini perang di front timur terhenti sejenak, dan Hitler ingin sebagian pasukannya dimobilisasi ke front barat untuk persiapan menyerang Perancis. 

8 November, Hitler lolos dari upaya pembunuhan. Alur sejarah akan ditentukan sejak peristiwa pembunuhan ini, kekuasan Hitler atas Jerman tumbuh menjadi semakin kuat. Ia mengatakan kepada para Jenderalnya "Saya akan menyerang Perancis ketika waktunya tepat".

1940


Menuju Eropa Utara, Russia memenuhi janjinya dengan Jerman seperti yang tercantum pada Pakta Molotov-Ribbetrop. Russia menyerang Finlandia dan Jerman menyerang Denmark & Norwegia. Maret 1940, Perancis, Inggris, Australia, Kanada mengirim pasukannya untuk membantu Finlandia yang sedang diserang oleh Russia. 

9 April 1940, dengan strategi Blitzkrieg / perang cepat, pasukan Wehrmacht Jerman berhasil menguasasi Oslo dalam waktu 2 hari. Fyi, Blitzkrieg merupakan strategi yang dirancang oleh salah satu Jenderal Panzer Tank terbaik Jerman, Heinz Guderian. Serangan Blitzkrieg merupakan gelombang serangan yang terdiri dari serangan udara; disusul oleh gerak maju pasukan tank; dan diikuti oleh pasukan infantri. Hal ini efektif agar musuh tidak mendapat kesempatan gerak.

9 Mei, Hitler mengumumkan serangan ke Perancis baru saja dimulai. Seperti rencana yang telah dibuat Manstein sebelumnya, Jerman akan memilih strategi tersebut dan akan menyerang dengan Blitzkrieg strategy. Bagi Jerman mereka merasa tanah air mereka dalam bahaya, karena Perancis lah yang memulai perang kepada Jerman terlebih dahulu.

10 Mei, Pasukan parasut Jerman diterjunkan di Belanda dengan misi untuk menguasai lapangan udara dan jembatan Rotterdam. Bersamaan dengan itu, Hitler melepaskan pasukan dan mesin perangnya ke Belgia.

Pasukan Wehrmacht berbaris menuju Belgia, ini merupakan perangkap yang telah disiapkan Hitler. Jerman berpura-pura menyerang Perancis melalui Belgia yang bersikap netral, sehingga Ia bisa menyerang penuh pasukan Perancis yang bergerak dari Ardenne.

Jenderal Gamelain (Perancis) termakan oleh perangkap Hitler, Ia mengerahkan seluruh devisi terbaiknya ke tanah Belgia. 11 Mei, Wehrmacht diterjunkan di Belgia, benteng Eben-Emael ditaklukkan. Benteng ini merupakan kunci untuk memasuki wilayah Belgia.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Jerman memulai penyerangannya ke Perancis dengan mengandalkan serangan udara dari pesawat Stuka. Mereka menyerang akses jalan, tempat strategis, kilang, dan penyimpanan bahan bakar. Kota-kota di utara dan timur Perancis juga dibom.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Fyi, Stuka merupakan pesawat pengebom Jerman yang pilotnya dilatih untuk menukik dari udara ke sasaran target kemudian melepaskan bom disaat yang tepat, sehingga akurasi serangan dapat meningkat. Ini dilakukan karena saat itu belum ada sistem rudal otomotis.

Di Belanda, Pelabuhan Rotterdam luluh lantak akibat dari pemboman besar-besaran Jerman. Rotterdam menjadi kota kedua di Eropa yang mengalami kerusakan paling parah setelah Warsawa.

Di Inggris, Perdana Menteri baru Winston Churhill menunjukkan tekad untuk tetap melawan Nazi Jerman. Nantinya Churchill memerintahkan Pasukan ekspedisi sekutu yang terjebak di Dunkirk untuk diselamatkan dengan segala cara. 

Di Sedan, Perancis, 13 Mei 1940, Jerman menutup gerakan sabitnya untuk mengelilingi dan menjebak sekutu secara masif di Belgia. Mereka berhasil menduduki kota dalam sehari. Fyi, Sedan merupakan kota kunci untuk memasuki Ardenne, Perang di Sedan juga pernah terjadi pada tahun 1870 saat perang Prussia (Jerman) melawan Franco (Perancis) yang menandai kekalahan Perancis.

Di sungai Meuset, Peracis melakukan serangkan balik kepada Jerman. Namun Jerman berhasil menonaktifkan artileri Perancis keesokan harinya dan segera melanjutkan serangannya. 

Perdana Menteri Perancis, Paul Reynaud menelpon Churchill dengan nada ketakutan, Ia mengatakan "kami telah kalah perang". Sementara para Jenderal Perancis kebingungan, dengan terjebaknya pasukan sekutu di Belgia bagaimana mungkin untuk mencegah Jerman masuk ke wilayah Perancis. 

17 Mei 1940, ratusan pasukan tank Perancis bertempur melawan panzer Jerman. Meskipun Jerman kalah jumlah dalam pasukan panzer nya, tetapi mereka berhasil mengalahkan tank Perancis dengan bantuan Stuka. Perancis kewalahan dan tidak mampu mengirimkan bantuan udara pada saat itu. 

Raja Belgia menyerah kepada Jerman. Strategi gerakan sabit berhasil sesuai rencana, pasukan Jerman berhasil menembus pantai utara Perancis dan melumpukan kota-kota disekitarnya. Sekarang pasukan ekspedisi sekutu terjebak di Dunkirk, mereka tidak punya harapan selain menunggu tumpangan kapal-kapal yang diterjunkan dari Kanal Inggris. 

Dover, 29 Mei 1940, Winston Churchill memerintahkan untuk menyelamatkan setidaknya 400.000 pasukan ekspedisi. Winston berusaha mengirimkan kapal yang bisa berlayar untuk dikirim ke Dunkirk, namun banyak upaya gagal. Herman Goering (Jenderal Luftwaffe; tangan kanan Hitler) mengirim pasukan udara seperti Luftwaffe, Stuka, dan Pengebom untuk menghancurkan kapal-kapal Inggris yang menuju Dunkirk.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Dover, 4 Juni 1940, Pasukan Inggris, Perancis, dan ekspedisi berhasil di evakuasi. Ini merupakan misi sukses pertama dari sekutu di Perang Dunia 2, yang menandai serangan balik dari sekutu kepada Jerman. 

Charles de Gaulle (Perancis) memimpin pasukan Perancis yang berada di Inggris untuk bersiap melakukan serangan balik. Perancis telah runtuh, kini mereka berharap untuk bisa kembali ke tanah air dan mengusir Jerman. 

10 Juni, Diktator Italia, Mussolini mendeklarasikan perang ke Inggris dan Perancis sekaligus mempererat aliansi Axis bersama Jerman untuk menguasai Eropa. Di waktu yang bersamaan Jenderal Jerman Erwin Rommel si Rubah Afrika menyerang Normandy, Perancis. Kemudian bergerak maju menuju Loire.

Paris dinyatakan sebagai kota terbuka oleh Perancis, sehingga tidak akan ada perlawan dari Perancis kepada Jerman. Hal ini dilakukan agar Paris tidak bernasib sama seperti Warsawa dan Rotterdam, ini merupakan upaya pemerintah Perancis dalam melindungi aset budaya dan sejarah yang ada di Paris.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
14 Juni 1940, Pasukan Jerman berbaris memasuki Paris. Lambang Swastika Nazi dikibarkan diatas menara Eiffel. Fyi, lambang swastika merupakan lambang yang disucikan oleh umat Hindu, lambang ini memiliki makna sebagai roda yang berputar yang tak pernah berhenti. Perancis dikalahkan Jerman secara telak. 

17 Juni 1940, Phillipe Petain (Kepala pemerintahan baru pengganti Reynault) mengatakan kepada penduduknya, Ia menginginkan gencatan senjata dengan Jerman. 22 Juni Hitler datang ke pertemuan untuk menyaksikan penyerahan Perancis dan pembentukan pemerintah boneka oleh Jerman dengan nama Pemerintah Vichy. Sementara di selatan, terdapat Italia yang berhasil menguasai Mediterania. 

Juli 1940, Jerman mengambil alih selat Inggris (Jersez dan Guernsez) ini dilakukan sebagai langkah pertama Jerman untuk bersiap menginvasi Inggris. Saat penyerangan Inggris dimulai, Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman) dan Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris) sudah terlebih dahulu saling melakukan serangan. Luftwaffe menembak 500 pesawat RAF dan kehilangan 1000 pesawatnya.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama Jerman di Perang Dunia 2. Hitler memutuskan untuk merubah strategi yaitu dengan mengebom kota-kota di Inggris pada malam hari, Ia berkeyakinan Inggris akan menyerah jika kotanya hancur. 

1941


Ancaman laut menyelimuti Inggris, kapal selam Jerman (U-boat) pemburu Atlantik menguasai lautan dan bersiap menembak kapal Inggris maupun Amerika yang ada di Samudera Atlantik.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2, situs buntu
Fyi, U-boat adalah kapal selam yang beroperasi di wilayah Samudera Atlantik dibawah naungan Kriegsmarine (AL Jerman), tugas mereka yaitu menghancurkan kapal dagang, penumpang, dan bantuan baik itu kapal AS atau Inggris. Kapal selam ini merupakan bagian dari laut Atlantik yang sangat ditakuti karena mampu menghancurkan jutaan tonase yang menimbulkan banyak kerugian di pihak sekutu. 

Hitler khawatir dengan produksi senjata besar-besaran oleh Amerika Serikat. Bormann (sekretaris Hitler), Hitler mengatakan kepadanya : "Amerika akan memasuki perang dalam satu tahun, kita perlu bahan mentah untuk berperang melawan AS. Dan bahan mentah itu terletak di timur (Uni Soviet)". Ia kemudian membuat sebuah rencana yang disebutnya "Operation Barbarossa". Hitler kemudian menunda penyerangan Inggris untuk bersiap tempur ke front timur. 

Namun sebelum Jerman melaksanakan Operation Barbarossa, mereka harus terlebih dahulu mengirimkan bala bantuan kepada Italia di Libya, Afrika Utara. Hitler menunda penyerangan ke Soviet. 

Perang kali ini akan melibatkan Afrika dalam alur sejarahnya, Hitler menunjuk salah satu Jenderal terbaiknya Erwin Rommel si Rubah Afrika untuk memimpin divisi lapis bajanya menuju Libya.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
12 Februari 1941, Dengan cepat Rommel memerintahkan pasukannya untuk menggempur barisan pasukan Inggris. Rommel meyakini tank dan Blitzkrieg merupakan strategi terbaik untuk mengalahkan musuh. Bahkan Inggris sempat menyebarkan fotografinya dengan tulisan "Orang ini berbahaya". 

Hitler juga membantu Mussolini untuk menguasai Yunani, ini dilakukan Jerman setelah mereka berhasil menguasai wilayah Balkan dan Yugoslavia. Sekali lagi Hitler kehilangan kesempatannya untuk menyerang Soviet. 

1 Mei 1941, Parade militer dilaksanakan untuk memperingati hari buruh internasional. Namun dalam paradenya, Stalin (Pemimpin Uni Soviet si tangan besi) mendapat informasi dari mata-matanya bahwa Jerman akan segera meluncurkan serangan ke Soviet. Stalin sulit mempercayai hal ini, bagaimana bisa Hitler melanggar Pakta Molotov-Ribbentrop begitu cepat. 

22 Juni pukul 3 dini hari, Wehrmacht Jerman yang diikuti oleh 153 devisi dan prajurit Finlandia, Rumania, Slovakia, Hungaria, bahkan fasis Spanyol mulai memasuki wilayah Russia. Pasukan ini meliputi 3 juta Prajurit, 600 ribu truk, 7 ribu meriam, 3 ribu tank dan 3 ribu pesawat. Operation Barbarossa akan dimulai.

Dalam waktu sehari pasukan Russia mengalami kerugian >300 pesawat ditembak jatuh, Angkatan Udara Russia mengalami pukulan telak dari Jerman. Target penyerangan Hitler ke Russia ini memiliki tiga (3) tujuan yang berbeda. Pertama di utara, target ideologi-Leningrad (Kotanya Lenin) merupakan kota ideologi yang dispesialkan oleh Russia; kedua di tengah, target politik-Moskow (ibukotanya Stalin); ketiga target ekonomi-Kiev, Ukraina karena kota ini memiliki industri yang kuat.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Di Front timur bagian tengah, ahli strategi lapis baja dan pencipta Blitzkrieg, Heinz Guderian tertahan dengan strategi pertahanan Stalin. Tetapi Guderian terus melanjutkan serangan. Pasukan Jerman berjalan maju ratusan kilometer tiap harinya dan menyadari betapa luas wilayah Russia. 
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
3 Juli 1941, Stalin menyerukan kepada penduduknya untuk turut serta berpartisipasi memproduksi senjata untuk keperluan perang. Russia benar-benar serius dalam perang kali ini. Russia kemudian menyuruh penduduknya untuk mengungsi dan membakar semua barang yang dapat dimanfaatkan oleh Jerman.

Fyi, strategi bumi hangun Russia juga pernah dilakukan dalam upaya meghadang laju pasukan Napoleon pada Perang Napoleon (1805-1815) meskipun pada akhirnya Napoleon gagal menaklukkan Russia yang ditolong dari luasnya wilayah.

Pertengahan Juli 1941, Wehrmacht memasuki Smolensk, kota terbesar terakhir sebelum Moskow, pertempuran ini berlangsung selama 3 minggu. Hitler menyadari Operation Barbarossa berjalan lambat, Ia kemudian meminta pendapat komandan tertinggi Wehrmacht, Wilhelm Keitel. Menurut para Jenderal Werhmacht, strategi tiga arah Hitler yang harus disalahkan dalam Operation Barbarossa.

Fedor von Bock, pemimpin pasukan di front timur bagian tengah meminta agar pasukannya difokuskan menuju Moskow. Namun Hitler membantahnya, Ia tidak menyukai Jenderal-jenderal yang berani membantah keputusannya. 

Guderian yang saat itu sedang berada di pertemuan yang sama menekankan : "Kita hanya 350km dari Moskow sekarang", sekali lagi Hitler membantahnya dengan berkata : "Kamu tidak tahu apa-apa tentang ekonomi perang, kita perlu gandum dari Ukraina agar prajurit kita tidak mati kelaparan seperti perang sebelumnya. Moskow hanya simbol, kita akan menguasainya nanti" 

Hitler kemudian memerintahkan Guderian untuk menggerakan pasukannya menuju selatan dari Smolensk ke Kiev, Ukraina untuk menjepit sisa pasukan Russia yang masih bertahan di Kiev. 
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
19 September 1941, rencana pengepungan ini merupakan pengepungan terbesar dalam sejarah yang berhasil menangkap 600 ribu prajurit Russia dalam satu sapuan cepat. 30 September, Guderian menerima perintah dari Hitler untuk bergabung kembali dengan pasukan di utara dan menuju Moskow, kemudian Jerman berhasil menangkap 700 ribu prajurit Russia dalam penyerangannya menuju Moskow.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Masalah akan dihadapi oleh Jerman kali ini, hujan musim gugur mengakibatkan jalan berlumpur di sepanjang wilayah menuju Moskow. Lumpur berlendir mengakibatkan gerakkan pasukan Wehrmacht terhambat dengan hanya bergerak 5-8 km per hari yang seharusnya mampu menempuh jarak 30 km per hari. 

1 November 1941, Jerman kembali memulai perjalanannya dari tanah yang basah menjadi kering sehingga dapat dengan mudah dilalui. Demi memenuhi kebutuhan prajurit untuk menyerang Russia, Jerman mendapat bantuan para ekstrimis dari wilayah-wilayah yang didudukinya seperti Perancis, Belgia, Denmark, Belanda. Mereka semua nantinya akan berjuang sebagai prajurit Jerman di front timur. 

Musim dingin (-40) dimulai di awal November. Namun, prajurit front timur Jerman tidak dilengkapi oleh peralatan musim dingin yang memadai. Mereka mengalami kekurangan gizi, pakaian yang tidak memadai, sehingga membuat beberapa prajurit meninggal akibat kedinginan dan disentri. 

Sementara di Afrika, pasukan Rommel kekurangan bahan bakar dan pasokan makanan. Rommel diperintahkan untuk tetap bertahan ditengah sulitnya keadaan yang terjadi pada saat itu.

Kembali lagi ke perjalanan prajurit Jerman menuju Moskow, pasukkan pertama Jerman tiba di perbatasan Moskow. Pasukan Russia telah siap membentuk pertahanan dibawah salah satu Jenderal hebat Russia yg levelnya dapat dikatakan setara dengan Guderian, Ia bernama Georgi Zhukov. 
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Zhukov mendapat kabar dari mata-matanya yang mengatakan : "Meskipun Jepang beraliansi dengan Jerman, namun mereka tetap tidak akan menyerang Russia karena target utamanya adalah Amerika". Zhukov akhirnya mengurangi jumlah pasukan di timur jauh karena mengetahui bahwa Jepang tidak akan menyerang Russia.

Kemudian Zhukov memperkuat pasukannya untuk melawan Jerman di perbatasan Moskow, satu diantaranya terdiri dari Pasukan Siberia. Pasukan Siberia merupakan pasukan yang tahan terhadap dingin dan sangat terlatih untuk menggunakan kereta salju. 

Zhukov berencana untuk menjepit pasukan Jerman dari dua arah, pasukan dari Leningrad dan Moskow. 5 Desember 1941, dengan perlengkapan musim dingin yang lebih baik, bantuan lapis baja, dan keunggulan jumlah pasukan. Russia berhasil mengalahkan pasukan Jerman, sekitar 30 ribu prajurit Jerman terbunuh dan hilang pada serangan tersebut. 

Keberhasilan Russia berhasil memukul mundur pasukan Wehrmacht sejauh 200 km, namun Hitler tetap memerintahkan pasukannya untuk membuat garis pertahanan baru. Untuk melakukan balas dendam di perang selanjutnya, "Battle of Kursk". 

7 Desember 1941, Beralih ke wilayah Pasifik, Jepang melakukan penyerangan mendadak ke pangkalan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor. Serangan ini merupakan serangan paling licik karena sebelumnya Jepang melakukan perjanjian damai dengan AS. Dengan pecahnya perang di wilayah Pasifik otomatis akan menyeret Amerika dan Jepang kedalam Perang Dunia 2. Lengkap sudah formasi perang dunia 2, Perang kini menjadi satu.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Jepang memberi kode "Tora, tora, tora" untuk penyerangan yang dilakukan Jepang ke Pearl Harbor. Saat serangan terjadi setidaknya terdapat 2.500 tentara AS tewas dan 1.200 mengalami luka-luka, rakyat Amerika geram dan memutuskan untuk tidak lagi netral atas perang yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia.

Misi Jepang kali ini adalah menenggelamkan armada laut penting Amerika yaitu Kapal-kapal induk. Namun sial bagi Jepang, saat penyerangan terjadi 3 kapal induk AS yang bermarkas di Pearl Harbor tidak sedang berada disana.

8 Desember 1941, Presiden AS Franklin D. Roosevelt langsung merespon dan mengecam serangan yang dilakukan oleh Jepang, kemudian Roosevelt segera mendeklarasikan perang ke Jepang dan bergabung dengan sekutu di Perang Dunia 2. Dengan ini Inggris dan Perancis merasa lega karena mendapat teman baru yaitu AS untuk berperang bersama di Perang Dunia 2.

Dengan penyerangan Pearl Harbor, Jepang kemudian bergerak cepat untuk menguasai wilayah Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Orang menyebutnya Blitzkrieg Asia, karena memiliki kemiripan dengan serangan cepat yang dilakukan oleh Jerman. Dalam waktu singkat Jepang mampu mengusir kependudukan pasukan sekutu untuk menguasai Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Pamor Jepang kemudian meningkat seiring kekuasaannya di beberapa negara Asia, Jepang mampu membangun armada angkatan laut dan menjadi kekuatan nomer 2 di dunia. Dengan modal 10 kapal induk dan pesawat tempur berkemampuan tinggi membuat Jepang semakin ditakuti di dunia. Semua tentara Jepang bersumpah setia dan bersedia mati demi kaisarnya, Kaisar Hirohito .
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Meskipun sang Kaisar berkuasa tetapi Ia tidak memerintah, kendali berada di tangan Jenderal Hideki Tojo dan kelompok Ultra Nasionalis. Sedangkan yang mengendalikan negara dengan Gestapo setempat adalah Kempeitai.

11 Desember 1941, Hitler pergi ke Reichstag untuk menghadiri pertemuan para pemimpin-pemimpin Nazi. Sekali lagi Hitler menyatakan perang kepada Amerika Serikat, meskipun tindakan Hitler telah diperingatkan oleh Menter Luar Negeri Jerman, Joachim von Ribbentrop. Tetapi Hitler tetap menyatakan perang kepada Amerika Serikat.

PM Inggris Winston Churchil pergi ke Washington untuk menemui Roosevelt, Ia mengatakan "kita berada di pihak yang sama sekarang". Sementara itu di Asia Tenggara, Jenderal Tomoyuki Yamashita si Harimau Melayu mengirim tank-tank Jepang ke hutan Malaysia, Ia menduduki Singapura (Permata dari Inggris). Setelah Perang Dunia 2 usai Jenderal Yamashita akan digantung atas kejahatan perangnya, Ia digantung pada tahun 1946.

1942


8 Maret 1942, Inggris memberi bantuan kepada Stalin dengan mengirimkan bom ke kota Essen, kota ini merupakan tempat yang memproduksi senjata Jerman di Russia. Setelah kurang lebih 3 tahun Perang Dunia 2 berlalu, Hitler, Goering, Himmler dan asisten Himmel, Heydrich mulai menerapkan apa yang mereka sebut "Solusi terakhir" yaitu Penyelapan Yahudi di Eropa. Para tahanan Yahudi dibawa ke satu tempat "Auschwitz", mereka semua akan dibunuh di dalam kamar gas beracun.

Hollocaust kini menjadi kejahatan terbesar selama Perang Dunia 2. fyi : Hollocaust merupakan kejahatan genosida yang dilakukan Jerman kepada orang Yahudi, mereka dikumpulkan di suatu kamp konsentrasi yang nantinya akan dibunuh oleh para pasukan SS. Sedangkan SS merupakan singkatan dari Schutzstaffel yang anggotanya terpilih dari ras Arya murni, menjadi organisasi militer yang langsung berada dibawah komando Hitler, SS berhasil membawa kengerian yang terjadi selama Perang Dunia 2.

Di Afrika, De Gaulle memiliki pasukan kecil yang berjuang bersama Inggris yang dikenal sebagai pasukan pembebas Perancis. Anggotanya adalah orang-orang yang divonis mati oleh Pemerintahan Vichy (Negara boneka Jerman di Perancis). Bir Hakeim, Libya, pasukan pembebas Perancis lainnya berhasil memukul mundur serangan Jerman yang dilancarkan oleh Erwin Rommel dan devisi Afrika nya.

Setelah berkumpulnya formasi-formasi negara fasis, Jerman, Italia, dan Jepang kemudian menyebut dirinya sebagai Kekuatan Axis. Dimana wilayah kekuasaannya meliputi Samudera Atlantik yang dikuasai U-boat Kriegsmarine (AL Jerman) ; sepertiga wilayah Russia ; korps Afrika di luar Mesir ; dan Jepang yang menguasai Pasifik.

1942, warga Amerika bersatu untuk memenangkan Perang Dunia 2, jutaan pria bergabung ke militer sedangkan 6 juta wanita berkerja untuk memproduksi senjata yang akan digunakan saat Perang Dunia 2. Roosevelt menargetkan 125 ribu pesawat, 75 ribu tank, dan 10 juta ton kapal.

USS Honet dikirim untuk mendekat ke wilayah Jepang sedekat mungkin dan membawa 16 pesawat pembom B-25. Para pasukan ini memiliki misi untuk membom kota Tokyo degan 60 ton bom yang dijatuhkan untuk memberi kan peringatan kepada Negeri Matahari Terbit itu.

3 Juni 1942, Admiral Yamamoto berada dalam perjalanan sebagai pemimpin yang memimipin armada terbesar yang pernah ada. 200 kapal perang dan 8 kapal induk yang mengangkut sekitar 600 pesawat, sementara itu diatas dek kapal terdapat 5000 marinir Jepang. Mereka semua dikirim untuk menyerang Midway Island.

Sial bagi Jepang, Amerika telah berhasil memecahkan kode milik Jepang dan mengetahui penyerangan di Midway Island. Amerika lebih siap dari yang Jepang kira, sebagai taruhannya Jepang kehilangan 4 kapal induk kebanggan Kekaisaran Jepang.

Di Australia bagian utara kota Darwin dibom oleh Jepang. Namun serangan balik dilakukan Australia, pasukan Australia mencoba memukul mundur Jepang di Papua Nugini. 7 Agustus 1942, Guadalcanal, tentara Amerika mengirim pasukannya untuk menggempur pasukan Jepang. Pasukan Jepang dihabisi dan menggambarkan lautan darah yang terjadi saat itu.

Jepang tidak menyerah mereka mengirimkan pasukannya kembali untuk menyerang Guadalcanal, pertempuran terjadi selama 6 bulan. Perang akan terjadi terus menerus, memakan korban meninggal dunia di kedua belah pihak, dan merupakan perang yang sangat mengerikan.

Kembali ke Eropa timur, Hitler memberikan yang Ia punya untuk memenangkan perang, Ia memperkirakan membutuhkan 800.000 prajurit untuk mengakhiri perang. Aliansinya Rumania, Hungaria, dan Italia bersedia untuk mengirimkan prajurit untuk Hitler. Tujuan dari serangan Hitler tidak lagi ditunjukan untuk Moskow tetapi kota di selatan Russia, "Stalingrad".

Stalin mencoba meminta kepada Inggris dan AS untuk segera membuka front baru di front timur untuk membantu Russia, Namun, Churchill dan Harriman menyatakan mereka tidak dapat membantu, sebagai gantinya Inggris dan AS akan mengirimkan bantuan peralatan. Stalin geram, karena Ia menyadari bahwa Ia akan mengalahkan Hitler sendirian.

Stalin kemudian menunjuk Nikita Krushchev untuk memimpin pasukan di Stalingrad. September 1942, 6th Army Jerman pimpinan Paulus sampai di jalur kereta api yang mengarah ke Moskow. Sementara Stuka mempersipakan untuk melakukan penyerangan ke Stalingrad, pemboman Jerman menewaskan ribuan warga sipil. Setelah 4 minggu pertemuan, Jerman berhasil mencapai titik tertinggi di wilayah itu yaitu bukit Mamayev, mereka akan mengontrol pasukan Russia dari bukit Mamayev.

15 Oktober 1942, Jerman mencapai target utamanya di Stalingrad, sungai besar Russia "Sungai Volga". Jenderal Paulus memberi informasi ke Hitler bahwa bendera Swastika kini telah berkibar diatas kota yang diduduki oleh 6th Army Jerman. Hitler gembira, Ia mengumpulkan koleganya dalam sebuah pertemuan dan mengabarkan kabar tersebut.

Stalingrad memang diklaim telah dikuasai oleh Hitler, namun kota diseberang sungai Volga masih belum jatuh. Russia terus membawa pasukannya menyebrangi sungai ini, mereka dipaksa untuk berperang. Jika mereka mundur mereka akan ditembak oleh Komisaris Komunis dan jika mereka maju mereka akan ditembak oleh Jerman.

7 November 1942, Zhukov memiliki rencana untuk penyelamatan Stalingrad, di seberang sungai Volga secara diam-diam ini mengumpulkan pasukannya. Ia mengingikan untuk menyerang Stalingrad tanpa membuat Jenderal Paulus pergi meninggalkan Stalingrad, jadi sekali lagi Ia ingin melakukan gerakan untuk menjepit 6th Army Jerman.

Mesir, Erwin Rommel dan pasukannya mendekati Terusan Suez. Mereka akan memasukan El Alamein yang dikuasai Inggris, Inggris kini dalam bahaya, untuk menyemangati pasukannya di Afrika Churchill datang untuk memberi semangat. Ia bertemu dengan Jenderal Montgomery yang baru saja dipilihnya.

23 Oktober 1942, El Alamein, Montogomery melancarkan serangannya dengan didukung oleh artileri dan pergerakan tank secara besar-besaran. Pasukan Rommel juga tak kalah taktik, Ia terus melancarkan serang balik secara terus menerus. Namun pasukan Jerman kekurangan dukungan dalam perang kali ini, Rommel memutuskan untuk mundur dari peperangan dan kehilangan banyak prajurit.

Sekutu merasa bangga karena berhasil memukul mundur pasukan Jerman, mereka kemudian membuka front baru di Afrika Utara yaitu di Aljazair dan Maroko. Kali ini pasukan AS menyebrangi Atlantik untuk menuju Afrika.

8 November 1942, Di dekat pantai Kasablanka dan Oran sekutu mendapat serangan dari Pemerintah Vichy di Mediterania. Afrika Utara memang masih dikuasai oleh rezim Vichy yang bekerja sama dengan Jerman. Dua hari pertempuran tanpa henti, sekutu berhasil mengamankan tempat pendaratannya di Aljazair. Dwight D. Eisenhower mencoba bernegosiasi dengan komandan militer pemerintah Vichy, Laksamana Darlan. Darlan memutuskan untuk berpindah pihak dari Axis ke Sekutu.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Pasukan Perancis di Maroko dan Aljazair kini berpihak ke sekutu, selang beberapa hari Darlan dibunuh oleh pejuang pergerakan Perancis. 9 November 1942, Rommel mundur jauh ke Tunisia untuk mengamankan pantai Mediterania. Karena keadaan mendesar Hitler mengambil alih rezim Vichy, Ia menginvasi Perancis selatan yang sebelumnya dimiliki oleh Pemerintah Vichy.

Hitler kemudian memerintahkan untuk mengambil alih pelabuhan Toulon yang merupakan pangkalan laut milik pemerintahan Vichy, mencegah kapal-kapal perang jatuh ke tangan Jerman ataupun sekutu Laksamana pemerintahan Vichy memutuskan untuk menghancurkan armadanya. Kisah tragis dari pemerintah Vichy yang merupakan negara boneka Jerman setelah mereka berhasil menguasai Paris.

Di Stalingrad, kota tersebut dikuasai oleh Jerman, sedangkan dipesisir sungai Volga di utara Stalingrad terdapat pasukan gabungan Hongaria-Rumania dan diselatan kota Stalingrad terdapat pasukan Italia. Zhukov ingin menyerang dari titik dimana pertahanan yang paling lemah yaitu dari utara dan selatan Stalingrad dengan menyerang pasukan Hongaria-Rumania dan Italia, sehingga dengan strateginya ini Ia berharap berhasil mengepung tentara Jerman di Stalingrad.

19 November 1942, Soviet Russia langsung melakukan penyerangan dengan dibantu Roket Artileri "Stalin Organ" karena suaranya menyerupai Organ musik yang sedang dimainkan. Pasukan Hongaria-Rumania dan Italia dikalahkan, Zhukov berhasil mengepung Jenderal Paulus di Stalingrad.

Musim dingin di Stalingrad, pasukan Jerman kesulitan untuk mendapat pasokan makanan, bahkan dengan bantuan udara Jerman mereka hanya mempeoleh sedikit makanan. Sehingga mereka harus menurunkan porsi makan mereka untuk satu orang dari 50g menjadi 12g.

1943


Setelah pertempuran panjang di Stalingrad pada tanggal 31 Januari 1943, Jenderal Paulus menyerah kepada Uni Soviet. Jerman menyerah kepada Soviet Russia di Stalingrad, dengan ini Jerman tidak bisa lagi mempertahankan Stalingrad di Perang Dunia 2.

18 Februari 1943, Menteri Propaganda Nazi Jerman, Joseph Goebbels menyerukan untuk segera melakukan Perang Total. Dengan dukungan Albert Speer, Hitler setuju dengan Perang Total ini. Ratusan ribu pekerja dikumpulkan yang terdiri dari orang Perancis, Polandia, dan negara lain yang diduduki Jerman. Mereka berhasil mengumpulkan 600.000 pekerja yang dipekerjakan untuk membuat berbagai macam pasokan senjata.

7 Mei 1943, Sekutu memasuki Tunisia, pasukan Italia yang masih tersisa di Tunisia mundur dan mendapat penghinaan dari keramaian penduduk. Rommel yang masih berada di Tunisia mendapat perintah untuk segera kembali ke Jerman. 380.000 pasukan Jerman ditahan oleh Sekutu, mereka kemudian akan dibawa menuju Kanada dan Amerika.

Di front timur, setelah kekalahan Jerman di Stalingrad, Wehrmacht menjadi pasukan yang tidak lagi sama. Hitler memutuskan untuk mengurangi kekuasaan Wehrmacht, Schutzstaffel "SS" dipilih Hitler untuk menjadi pelapis Wehrmacht yang menurutnya sudah tidak lagi loyal.

Hiler mempersiapkan untuk melakukan penyerangan ke Kursk, Russia. Jerman meningkatkan industrinya, mereka membuat tank Jerman dengan meriam 88mm yang paling ditakuti saat itu, tank "Tiger". Hitler kembali optimis mampu mengalahkan Russia.

Operasi Citadel, begitulah Jerman menamai operasi ini yang menjadi sejarah karena Perang Kursk merupakan pertempuran tank terbesar dalam sejarah, 2.700 tank Jerman akan menghadapi 3.600 tank Soviet. Tetapi Superioritas Tank Tiger Jerman tampaknya akan mendominasi. Hitler menyadari pentingnya pertempuran ini, untuk memimpin 900.000 tentaranya Ia memilih orang yang berhasil membantunya memenangkan peperangan di Perancis, Field Marshall Erich von Manstein.

Serangan dipimpin oleh Tank Tiger untuk memecah garis Soviet, namun senjata anti tank soviet dan jumlah tank yang banyak membuat Wehrmacht sedikit kesulitan. Soviet masih memiliki senjata lain yang sangat berguna, Inggris berhasil memecahkan kode Enigma. Fyi : Enigma merupakan alat yang digunakan Jerman untuk mengenkripsi dan mendeskripsikan kode yang digunakan antar pasukan Wehrmacht agar musuh tidak mampu menyalin dan mengartikan informasi yang berhasil disadap.

Hasil dari Pertempuran Kursk adalah kehancuran untuk Jerman, mereka kehilangan 50.000 tentara dalam pertempuran ini. Manstein ingin bala bantuan untuk melanjutkan serangan, Ia bertemu Hitler dan mengatakan "kita mendapat korban tetapi Russia juga, bahkan lebih besar". Manstein tidak percaya pada sesuatu yang hilang tetapi Hitler tidak setuju, Ia memutuskan untuk tidak mengirimkan bala bantuan, Pertempuran Kursk telah berakhir.

Hitler memilih untuk mengalihkan pasukannya ke Sisilia, Italia. Ia ingin membantu sekutunya Italia karena sekutu baru mendarat di Sisilia. 11 September 1943, penduduk Italia memmilih untuk berganti pihak ke sekutu, rezim Benito Mussolini jatuh oleh penduduknya sendiri. Pemerintah baru Italia memenjarakan Mussolini di pegunungan, namun Hitler berhasil mengirim pasukan pembebas dan berhasil membebaskannya. Hitler ingin Mussolini kembali memimpin di Italia dengan bantuan tentara Jerman, Jerman menginvasi Italia.

Di Perancis, Jerman berhasil membangun Benteng Eropa sebagai Tembok Atlantik. Benteng ini merupakan benteng yang tangguh yang membentang dari Norwegia sampai perbatasan Spanyol, Erwin Rommel berwenang sebagai penanggung jawab Benteng Eropa.

1944


Sekutu telah mendarat di Italia yang dikuasai Jerman, tetapi para pasukan sekutu masih tertahan oleh pasukan Jerman di sepanjang garis Gustav, di daerah Monte Cassino. 15 Maret 1944, sekutu mencoba melakukan serangan, tetapi pasukan parasut Jerman memaksa mundur mereka.

Sementara itu di front timur, pasukan Soviet terus memukul mundur Jerman, Kiev berhasil dibebaskan dari pasukan Jerman. Pasukan Jerman menarik diri dari Ukraina, mengikuti perintah Hitler untuk menghancurkan semuanya secara sistematis. Seperti strategi bumi hangus Stalin, Hitler memerintahkan Wehrmacht untuk merusak semua fasilitas yang ada kemudian meninggalkannya dalam keadaan rusak.

5 Juni 1944, Roma, pasukan Wehrmacht mundur dengan diikuti kehancuran yang ditinggalkannya. Meskipun sekutu telah merebut Roma, Hitler dan rezim Mussolini masih menguasai Italia Utara dan industrinya.

Ditanggal yang sama, sekutu mempersiapkan pendaratannya ke Normandia. Sekutu akan mendaratkan pasukannya di lima (5) titik dengan panjang 100km di Pantai Normandia. Sekutu memilih lokasi ini karena lokasi ini merupakan titik Benteng Eropa yang terlemah.

Malam hari di tanggal 5 Juni, pasukan parasut Inggris, AS, Kanada dan Perancis secara diam-diam mendarat di daerah Normandia. Sementara itu, kapal-kapal sekutu sedang konvoi untuk melakukan perjalanan menuju Normandia. Fyi : konvoi ini merupakan armada terbesar yang pernah disiapkan sepanjang sejarah. Konvoi ini terdiri dari 5.000 kapal dan perahu amfibi.

6 Juni 1944, Omaha Saint-Laurent-sur-Mer, pasukan Amerika menjadi yang pertama yang berhasil mendarat pada misi yang dinamai D-Day ini. Lebih dari 2.000 prajurit Amerika Serikat tewas dalam serangan awal ke Normandia. Setelah beberapa bunker Jerman berhasil dihancurkan, pasukan Amerika kembali maju jauh tetapi pasukan Jerman tidak mampu menghadapinya lagi, pasukan Jerman akhirnya menyerah.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Juno Bernieres-sur-Mer, tentara Kanada mendarat di pantai Juno, namun mereka hanya mendapat sedikit perlawanan dari Jerman. Gold Arromanches, Inggris juga tidak terlalu mendapat perlawanan di tempat ini.

Sword Ouistreham, komando Inggris dan Perancis mendarat di pantai yang kelima. Setelah semua pantai diamankan, sekutu berencana untuk mendaratkan 326.000 orang dalam 1 minggu; 3.200 kendaraan; dan 15.000 ton pasokan dikirimkan. Bahkan Amerika Serikat mampu meluncurkan satu kapal per harinya, kurang dari tiga tahun industri perang telah membuat Amerika menjadi negara adidaya.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Amerika kini telah memobilisasi 11 juta prajuritnya yang tersebar di Perancis, Italia, Afrika Utara, dan Asia. Dua hari setelah mempersipakan penyerangan di Perancis, Amerika kini mempersiapkan front kedua, "Perang Pasifik". Sekitar 127.500 tentara bersiap untuk bertempur dengan didukung oleh 15 kapal induk dan 900 pesawat.

Untuk mengambil alih wilayah Pasifik dari Jepang, Amerika melakukan perang katak. Karena perang ini dilakukan Amerika dengan cara menguasai satu pulau ke pulau lainnya, sehingga diibaratkan katak yang sedang lompat dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Pukulan telak diberikan kepada Kekaisaran Jepang, pulau Saipan yang dijadikan tempat pertahanan Jepang dihancurkan oleh Amerika Serikat. Kembali ke Eropa, setelah berbulan-bulan setelah penyerangan D-Day pasukan sekutu terus maju untuk menuju wilayah Jerman.

20 Juli 1944, di Wolf's Lair, Prussia timur (Jerman), Hitler mengalami percobaan pembunuhan yang ketiga. Kolonel Claus von Stauffenberg meletakan bom di bawah meja pertemuan yang dihadiri oleh Hitler. Meskipun ledakan itu membunuh 4 orang dan melukai 20 orang namun Hitler selamat, Ia diselamatkan oleh ukuran meja yang besar dan berat.

5.000 tersangka ditangkap dan 200 dari mereka dihukum mati serta keluarga mereka dideportasi. Hitler bahkan tidak ragu untuk mengeksekusi panglimanya sendiri, karena setuju agar Hitler diganti sebagai panglima tertinggi, Rommel dipaksa untuk bunuh diri.

Hitler memberinya pemakaman nasional, karena Ia tidak menginginkan rakyat Jerman menyadari bahwa kematian Rommel atas perintah Hitler. Rommel sendiri merupakan Jenderal yang dicintai rakyatnya sehingga sangat penting untuk menjaga rahasia ini dari rakyat Jerman. Wehrmacht dinyatakan tidak loyal lagi, kekuasaan penuh berada ditangan SS. Tak ada lagi yang bisa menyelamatkan Jerman sekarang.

Di front timur, Russia terus maju memukul mundur pasukan Jerman, tak ada yang bisa menghentikan Russia sekarang, mereka datang dari berbagai arah. Pasukan yang tidak ada habisnya muncul dari Russia meskipun kerugian besar yang dialaminya saat pertarungan Moskow dan Stalingrad.

Serangan di Belarus, 1944, merupakan salah satu perang besar yang terjadi selama masa Perang Dunia 2. Front timur mencangkup 1.000 km, namun Russia mampu maju ratusan kilometer hanya dalam waktu 2 bulan, menghancurkan 17 devisi militer Jerman. Sekitar 50.000 tentara Jerman yang tertangkap akan digiring ke Moskow.

6 Agustus 1944, Normandia, pasukan sekutu meraih kemenangan lainnya, 50.000 tentara Jerman ditangkap di Falaise. Untuk mempercepat waktu, sekutu membutuhkan serangan yang lebih banyak lagi, mereka membuka pendaratan baru di Provence, Perancis Selatan.

15 Agustus 1944, Saint-Tropez, pasukan Perancis mendarat untuk membebaskan negaranya dari tangan Jerman. Pasukan Perancis ini terdiri dari orang Afrika, Maroko, Aljazair, Tunisia, pasukan kolonial Perancis dan pemuda Perancis yang tergabung dalam pasukan pembebas Perancis berhasil membebaskan Provence. Mereka hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk membebaskan seluruh wilayah pantai sampai ke Marseille.

19 Agustus 1944, Paris, Paris angkat senjata, membarikade jalan di sepanjang kota. Kebanyakan tentara Jerman mundur ke wilayah timur (kembali ke Jerman), namun 25.000 lainnya tetap tinggal dibawah komando Jenderal von Choltitz yang menerima perintah dari Hitler untuk menghancurkan Paris, tetapi Choltitz menolak menghancurkan Paris.

Setelah 4 hari pertempuran, unit dari Perancis, Devisi Lapis Baja ke-2 Jenderal Lecerc datang dari Normandia dan Paris dibebaskan keesokan paginya. Jenderal von Choltitz menyerah di Paris dan dibawa ke markas besar Jenderal Lecerc di Stasiun Kereta Montparnasse. Perancis dan Belgia kini telah dibebaskan.

Di Pasifik, Pasukan Amerika dibawah komando Jenderal Douglas McArthur kembali ke Filipina. Setelah lari dari pengepungan Jepang tiga tahun lalu, Ia berkata "Aku akan kembali". 20 Oktober 1944, Filipina, Ia dan rombongan pengawalnya kembali dan berkata "Rakyat Filipina, aku telah kembali, penebusan kita dimulai di sini".
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
4 bulan setelahnya McArthur berhasil merebut Filipina dari Jepang. Selama perang terjadi di Pasifik, perang berlangsung dengan kebrutalan, hal ini dikarekanakan banyaknya prajurit Jepang yang memilih bunuh diri daripada menyerah kepada musuh. Bahkan jika masih memungkinkan mereka akan bunuh diri dengan membunuh prajurit Amerika.

1945


Sementara itu Nazi Jerman terus mengembangkan proyek rudal jarak jauhnya, V2. V2 merupakan pengembangan dari rudah sebelumnya V1, V2 adalah rudal balistik yang memiliki kapasitas hulu ledak yang tinggi dengan jarak tempuh 300 km. Sepanjang Perang Dunia 2, dari pantai Jerman 1.500 rudal telah ditembakan ke London dan 2.000 rudal telah ditembakan ke Belgia.

Los Alamos, New Mexico, AS, Ilmuwan terkenal Albert Einstein memperingatkan Roosevelt tentang bahaya rudah ini. Ia ingin menyelesaikan perang dengan Jerman secepatnya karena Ia khawatir suatu saat Rudal V2 mampu membawa nuklir sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

13 Februari 1945, Dresden, Jerman, sekutu membom kota-kota ini sehingga banyak dari gedung hancur akibat serangan sekutu. Dresden merupakan tempat untuk memproduksi senjata bagi Jerman dan sebuah tempat pusat informasi tentara Jerman untuk front timur. Selain dua kegunaan tersebut, Dresden merupakan kota industri terbesar di Jerman.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Hitler mengingkan penyerangan ke Ardenne, untuk itu Ia perlu prajurit tambahan yang siap membantunya dalam misi kali ini. Beberapa Jenderal yang selamat dari rencana pembunuhan Hitler kembali bersumpah untuk berperang. Hitler tidak punya pilihan selain membuat Jenderal-jenderal lamanya kembali bertugas, yang menjadi pembeda adalah parah Jenderal tersebut kita tidak berani untuk menentang perintah Hitler.

Tujuan Hitler melakukan serangan ini adalah untuk menguasai wilayah yang dijadikan sekutu sebagai tempat untuk membongkar pasang berbagai macam peralatan militer. Namun, serangan ini gagal berkat pertahanan luar biasa sekutu. Jerman kini telah diambang batas kekalahan.

Russia di timur, kini mereka berhasil melintasi perbatasan Jerman. Jutaan penduduk Jerman lari dalam keadaan panik ketika pasukan Soviet tiba. Sekutu dan Soviet kini tidak memiliki jurang pemisah, keduanya saling membantu untuk mengalahkan Jerman. Masalah Jerman sudah hampir selesai, Churchill mulai memikirkan pembagian wilayah yang diduduki.

4 Februari 1945, Yalta, Russia. Churchill, Roosevelt, dan Stalin melakukan pertemuan penting yang akan membahas pembagian wilayah setelah perang usai. Roosevelt datang dengan keadaan sakit dan kondisi fisik yang sangat lemah, Ia meninggal pada tanggal 12 April 1945. Pertemuan ini yang menjadi cikal bakal terbentuknya PBB, yang nantinya dibentuk di San Francisco.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Beralih ke Pasifik, perang masih berlanjut, tentara Amerika berhasil mengibarkan benderanya di Gunung Suribachi, Iwo Jima, Jepang. 9 Maret 1945, Tokyo, sekutu membom kota ini dengan bom yang diklaim apinya tidak pernah padam. 80.000 orang menjadi korban dan 1 juta orang kehilangan tempat tinggal. Tapi pemimpin militer fanatik mereka, Hideki Tojo tetap ingin melanjutkan perang di pasifik.

Jerman saat ini benar-benar dalam keadaan hancur, pasukan Soviet sedang mengepung Berlin. 17 April 1945, Berlin, "Stalin Organ" roket luncur Soviet terus membombardir kota Berlin, tentara Jerman yang masih tersisa perlahan mulai menyerah satu per satu.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
25 April 1945, Torgau, Jerman, pasukan Amerika di barat dan pasukan Soviet di timur untuk pertama kalinya bertemu. Ini menandakan tugas sekutu hampir usai dalam menumpas habis Nazi Jerman. Hal yang akan terjadi kemudian adalah "Perang Dingin".
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
30 April 1945, Berlin, Pasukan Russia berada 300 m dari bunker Hitler. Hitler menikahi kekasih yang telah mendampinginya sejak lama "Eva Braun" kemudian Hitler membunuh anjing kesayangannya "Blondie", yang menurut orang-orang disekitar Hitler dianggap sebagai makhluk yang paling dicintai Hitler. Hitler dan Eva Braun memutuskan untuk bunuh diri, Eva dengan menelan pil sianida dan Hitler dengan menembak kepalanya sendiri dengan pistol.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Menteri Propaganda Nazi Jerman, Joseph Goebbels dan istrinya Magda Goebbels melakukan bunuh diri, mereka ditemukan dalam keadaan mayat terbakar setelah SS membakar mereka atas perintah Goebbels sendiri.

2 Mei 1945, Berlin, Pasukan Soviet berhasil mengibarkan benderanya diatas gedung Reichstag. Para pemimpin Nazi yang tersisa ditangkap. Di Italia, Mussolini dieksekusi oleh geriliyawan dan mayatnya dinjak-injak oleh kerumunan orang.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
8 Mei 1945, Komandan Wehrmacht, Marsekal Keitel, menandatangani dokumen menyerah tanpa syarat Nazi Jerman. Di depan Jenderal Zhukov dan perwira sekutu, Marsekal Udara Inggris, Tedder ; dan Jenderal AS, Spaatz ; dan Jenderal Perancis Lattre de Tassigny. Keitel bersama penjahat Nazi lainnya kemudian akan diadili di Pengadilan Internasional Nuremberg.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
1945, Okinawa, Jepang, para pilot bunuh diri Jepang "Kamikaze" terus melawan dan menabrakan pesawatnya ke kapal-kapal perang Amerika. Seluruh tentara Jepang berusaha sebisa mungkin untuk mencegah pasukan Amerika mendarat di tanah Jepang. Akhirnya, Amerika memutuskan untuk tidak mendarat di Jepang, mereka berpendapat jika Amerika berhasil mendarat kemungkinan akan banyak korban bertambah dari pihak Jepang.

6 Agustus 1945, Hiroshima, sekutu meledakkan bom atom pertama yang pernah dijadikan senjata perang sepanjang sejarah dunia. Dalam 1 detik bom ini berhasil membunuh lebih dari 100 ribu penduduk Jepang. 9 Agustus 1945, Nagasaki, bom juga dijatuhkan di kota ini selang 3 hari kemudian.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Bencana ini membuat Kaisar Jepang, Kaisar Hirohito untuk berdamai tanpa kehilangan muka. Jepang mundur dari Perang Dunia 2, ini menandai akhir dari Perang Dunia 2 yang berlangsung dengan kejam dan brutal.

2 September 1945, di Teluk Tokyo diatas Kapal USS Missouri milik Amerika Serikat terdapat perwakilan dari negara-negara Sekutu seperti China, Inggris, Perancis, dan Russia. Mereka memiliki hak istimewa untuk berpartisipasi dalam penandatanganan dokumen penyerahan Jepang menandai berakhirnya Perang Dunia 2.
jalannya perang dunia 2, alur perang dunia 2, sejarah singkat perang dunia 2, perang dunia 2 secara lengkap, bagaimana kronologi perang dunia 2, sejarah lengkap perang dunia 2, cerita perang dunia 2.
Jenderal McArthur mewakili pemenang dan Mamoru Shigemitsu seorang Menteri Luar Negeri Jepang mewakili negaranya menandatangani dokumen atas nama Kaisar yang telah ditemuinya sehari sebelummnya.


Perang Dunia 2 resmi berakhir, peristiwa ini mencatat terdapat sekitar 50 juta orang tewas dalam kengerian yang tercipta dari Perang terbesar sepanjang sejarah yang pernah tercatat oleh manusia. Semoga ini adalah perang terbesar dan perang terakhir yang melanda umat manusia.

Usai sudah artikel panjang yang sangat menguras waktu jika dibaca secara perlahan. Semoga kita bertemu di artikel selanjutnya dengan artikel ringan yang akan mengungkap banyak fakta yang terjadi dari Perang Dunia 2 ini.

Referensi :
National Geographic, "Apocalypse".

0 comments