Sejarah Penggunaan Nama Nguyen di Vietnam

Sejarah Penggunaan Nama Nguyen di Vietnam. Orang Indonesia mana yang tidak mengetahui nama Nguyen ini, Nguyen kerap kali kita dengar ketika timnas sepak bola Indonesia kita berhadapan dengan timnas Vietnam. Oleh karena itu disini akan diulas mengenai asal usul penggunaan nama Nguyen yang sangat banyak digunakan dikalangan masyarakat Vietnam.

Bagi kalian yang sering menonton tournament AFF dan Sea Games tentu sudah mengetahui bahwa skuad di timnas Vietnam hampir >50% nya memiliki nama yang menggunakan kata Nguyen. Ini terjadi bukan hanya di sepak bola Vietnam saja bahkan di berbagai lapisan masyarakat, bidang pekerjaan, dan cabang olahraga lainnya terdapat orang Vietnam yang bernama Nguyen. 
Kenapa orang Vietnam bernama Nguyen, Asal usul nama Nguyen, Sejarah penggunaan nama Nguyen, Banyak orang Vietnam bernama Nguyen.
Lalu kapan dan bagaimana asal usul penggunaan nama Nguyen dimulai ? "Nguyen" merupakan kata yang berasal dari bahasa Mandarin, atau dalam bahasa Mandarin disebut "Ruan". Penggunaan nama Nguyen sangat erat kaitannya dengan sejarah kekaisaran Vietnam di masa lalu. 

Dahulu kala di era Dinasti Nguyen, masyarakat kalangan menengah kebawah sengaja mengganti nama mereka dan menamai anak mereka dengan sematan nama Nguyen. Ini dilakukan oleh masyarakat Vietnam agar mereka terhindar dari kewajiban membayar pajak yang diterapkan pemerintah pada masa itu.
Kenapa orang Vietnam bernama Nguyen, Asal usul nama Nguyen, Sejarah penggunaan nama Nguyen, Banyak orang Vietnam bernama Nguyen.
Bendera Dinasti Nguyen
Penggunaan nama Nguyen sendiri merupakan sebuah gelar kehormatan di kalangan atas Dinasti Nguyen, umumnya orang-orang yang menggunakan nama Nguyen merupakan orang-orang yang diberikan hak-hak spesial dari pemerintah di masa lalu. Hal ini yang kemudian membuat mayoritas penduduk Vietnam menggunakan kata Nguyen sebagai nama mereka.

Sebelumnya mari kita mengetahui sejarah dari Dinasti Nguyen.

Kenapa orang Vietnam bernama Nguyen, Asal usul nama Nguyen, Sejarah penggunaan nama Nguyen, Banyak orang Vietnam bernama Nguyen.
Wilayah kekuasaan Dinasti Nguyen
Dinasti Nguyen
Dinasti Nguyen atau Kekaisaran Nguyen merupakan penguasa Vietnam yang terakhir. Dinasti ini berdiri dan berlangsung selama 143 tahun, berdirinya kekaisaran ini dimulai dari Keluarga Nguyen sebagai keluarga terbesar dalam sejarah Vietnam di masa itu. Nguyen Phuc Khoat adalah penguasa pertama dari garis tahta keturunan yang menyebut dirinya Raja (Vuong).

Dinasti ini juga pernah masuk dalam kolonisasi Perancis di Indochina. Di tahun 1858, Napoleon menyetujui peluncuran ekspedisi angkatan laut untuk menghukum Vietnam atas penganiyayaan misionaris katolik Perancis dan memaksa pengadilan untuk menerima kehadiran Perancis di negara Vietnam. Napoleon juga memiliki misi untuk menyebarkan kebudayaan Perancis di wilayah Asia Timur.

Dari misi Napoleon ini menyebabkan invasi besar yang terjadi di tahun 1861. Hingga akhirnya pada tahun 1862 perang berakhir kemudian Vietnam terpaksa kehilangan tiga provinsi di selatan (disebut Conchinchina oleh Perancis). Dan Perancis benar-benar menguasai Vietnam di tahun 1887.

Perang Dunia I

Dalam mencukupi kebutuhan prajurit Perancis di Perang Dunia I, Perancis berusaha untuk mencegah segala tindakan patriotik di Vietnam dan Vietnam harus menyediakan 70.000 tentara dan 70.000 pekerja untuk Perancis dalam meningkatkan armada tempur Perancis di daratan Eropa akibat Perang Dunia I.
Kenapa orang Vietnam bernama Nguyen, Asal usul nama Nguyen, Sejarah penggunaan nama Nguyen, Banyak orang Vietnam bernama Nguyen.
Akibat ketidakmampuan Organisasi Nasional Vietnam dalam memanfaatkan situasi dimana Perancis sedang berperang melawan Jerman dkk di Eropa. Vietnam gagal untuk membebaskan diri atas kolonisasi Perancis.

Perang Dunia II

Beberapa Nasionalis Vietnam semakin sentimen setelah Perang Dunia I, namun semua upaya gerakan untuk membebaskan diri dari Perancis gagal dan tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya Revolusi Russia memberikan efek luar biasa bagi sejarah Vietnam di masa yang akan datang.

Perang Dunia II yang dimulai di tahun 1939 membuat Vietnam sekali lagi secara terpaksa harus terlibat dalam Perang terbesar dalam sejarah umat manusia. Upaya militer Jepang dalam menguasai Asia Timur ikut berdampak bagi Vietnam, 22 September 1940 Jepang berhasil menguasai Vietnam dari Perancis sehingga Jepang memanfaatkan keadaan ini dengan mendirikan pangakalan militer di Vietnam yang memiliki tujuan untuk menyerang Sekutu di wilayah Asia Tenggara.

Di tahun 1941-1945 terdapat sebuah gerakan perlawanan komunis Viet Minh yang dipimpin dibawah kepemimpinan Ho Chi Minh. Maret 1945 kemenangan sekutu atas Perang Dunia II sudah tidak dapat dihindari, Jepang kemudian menggulingkan pemerintahan Perancis dan memberikan kemerdekaan kepada Vietnam dengan Bao Dai sebagai Kaisar Vietnam.

Runtuhnya Dinasti Nguyen

15 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada Amerika Serikat menyusul di bomnya kota Hiroshima dan Nagasaki. Kejadian ini kemudian memicu pemberontakan oleh Viet Minh yang kemudian membuat Bao Dai turun tahta di tahun 30 Agustus 1945 dan mengasingkan diri ke Hongkong dikarenakan tidak setuju dengan kebijakan Viet Minh. Kekuasan akhirnya diberikan kepada Viet Minh dan menandai berakhirnya Dinasi Nguyen di Vietnam.

Setelah Bao Dai mengasingkan diri ke Hongkong bukan berarti sang Kaisar tidak ingin melakukan perlawanan. Bao Dai terus melakukan perlawanan terhadap Viet Minh. Dengan dibantu oleh Perancis Bao Dai terus melanjutkan perang bersaudara di Vietnam, namun Bao Dai tidak melawan secara langsung Ia hanya mengkomandoi bawahannya di Vietnam sedangkan Ia tinggal mewah di Da Lat Vietnam.

Perancis mengusulkan agar wilayah Vietnam dibagi menjadi dua yaitu wilayah utara (Viet Minh oleh Soviet) dan wilayah selatan (pemerintahan baru oleh AS). Pada suatu referendum tahun 1955 Perdana Menteri Vietnam Ngo Dinh Diem berhasil menggulingkan Bao Dai hingga akhirnya diangkat sebagai Presiden dari Republik Vietnam. Dan mengakhiri keikutsertaan Bao Dai dalam pemerintahan secara permanen.

Jadi sepeti itulah kiranya sejarah dari Dinasti Nguyen, sekarang kita kembali ke inti cerita.

"Nguyen" mulai mendunia

Di era 1955-1975 banyak dari masyarakat Vietnam bermigrasi ke negara lain dan meninggalkan Vietnam sebagai dampak dari konflik berkepanjangan antara Vietnam Utara (Soviet) dan Vietnam Selatan (AS).

Sejak saat itulah nama Nguyen mulai banyak tersebar di beberapa negara dan pada akhirnya mulai mendunia. Nama Nguyen ini yang kemudian membuat masyarakat dunia dengan mudah mengenali orang yang memiliki darah Vietnam. 
Kenapa orang Vietnam bernama Nguyen, Asal usul nama Nguyen, Sejarah penggunaan nama Nguyen, Banyak orang Vietnam bernama Nguyen.
Anaztazia Nguyen
Sprinter Hungaria yang memiliki darah Vietnam.
Seperti Islandia yang memiliki akhiran nama "son", Turki yang memiliki "Hakan & Emre", Kroasia yang memiliki "ic" (kovacic,modric). Vietnam pun memiliki ciri tersendiri dengan akhiran nama "Nguyen".

Jadi seperti itulah gambaran kapan dan bagaimana penggunaan nama Nguyen di masyarakat Vietnam mulai populer. Semoga dapat menjadi informasi dan pengetahuan bagi kalian dan saya sendiri tentunya.

Source Images :
Wikipedia

0 comments