Jalannya Perang Dunia 1

Jalannya Perang Dunia 1. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Kronologi Penyebab Perang Dunia 1. Jika artikel kemarin membahas tentang penyebab, nah saat ini kita akan mulai bercerita sedikit mengenai jalannya Perang Dunia 1.

Agar mendapat gambaran ketika membaca jalannya Perang Dunia 1, saya akan terlebih dahulu memberi penjelasan singkat mengenai Perang Dunia 1.
Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu

Perang Dunia 1

Perang ini merupakan perang keenam paling mematikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah umat manusia, hal ini tentu didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga membuat setiap nyawa sangat mudah untuk dibunuh dengan teknologi tersebut. Selama perang berlangsung, perang ini menewaskan lebih dari 9 juta prajurit.

Perang Dunia 1 dimulai sejak 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918. Perang ini yang nantinya akan membawa masalah berkepanjangan yang akan menimbulkan pecahnya Perang Dunia 2 di tahun 1939. 

Selama berperang, perang ini mampu melibatkan negara-negara besar di dunia, khususnya negara-negara besar yang terdapat di wilayah Eropa. Kekuatan Eropa mampu terbagi menjadi dua akibat pecahnya Perang Dunia 1. Kekuatan tersebut terbagi atas Inggris, Perancis, Russia (Triple Entente) dan Jerman, Austria-Hongaria, Italia (Triple Alliance).

Namun persekutuan Triple Alliance tidak dapat bertahan lama karena harus pecah setelah Italia memutuskan tidak ikut berperang ketika Austria-Hongaria melakukan serangan.

Awal Perang Dunia 1

Perang ini dimulai ketika Austria-Hongaria menginvasi Serbia pada 28 Juli 1914. Invasi yang dilakukan Austria-Hongaria bukan tanpa alasan, invasi ini dilakukan untuk membalas kepada Serbia atas peristiwa pemuda Serbia yang telah membunuh Pangeran Austria di wilayah Bosnia. 

Invasi tersebut kemudian diikuti oleh Jerman yang menginvasi Belgia, Luksemburg, dan Perancis. Serta serangan Russia kepada Jerman sebagai aksi balasan untuk mengecam tindakan Jerman. 

Keikutsertaan negara Eropa lainnya

Pecahnya perang telah membuat negara-negara Eropa berlomba untuk saling membangun kekuatan militer dengan sistem aliansi. Kesultanan Utsmaniyah (Turki) kemudian ikut serta bergabung dengan aliansi yang dipimpin Jerman di tahun 1914, disusul Italia dan Bulgaria di tahun 1915 dan Rumania 1916. 

Inggris sebagai negara yang menganggap dirinya sebagai bagian penting dari Eropa kemudian ikut menyatakan perang terhadap Jerman di tahun 1914. Dengan ini lengkap sudah formasi yang akan membuat Perang Dunia 1 semakin menarik.

Pembagian wilayah Perang Dunia 1


Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu
Pasukan Panzer Jerman menerobos medan tempur
Source : history.com
Front Timur

Setelah Perang Dunia 1 pecah dan melanda Eropa, Perang terbagi menjadi dua front (front timur dan front barat). Front Timur yaitu perang Eropa Timur yang melibatkan kekuatan besar diantara Jerman dan Austria-Hongaria melawan Russia. Sementara di timur jauh Russia juga menghadapi Kesultanan Utsmaniyah.

Sedangkan kekuatan Austria-Hongaria harus terpecah untuk menghadapi dua kekuatan melawan Serbia dan Russia. Hal ini terjadi akibat kebingungan yang melanda Austria-Hongaria yang kurang memahami rencana Jerman. Rencana Jerman pada awalnya menyuruh sebagian besar militer Austria untuk menyerang Russia sehingga Jerman bisa berfokus untuk melawan Perancis di front barat.

Namun akibat kurangnya latihan strategi antara Jerman dan Austria yang diterapkan sebelum PD 1 pecah, menimbulkan kebingungan di Blok Sentral yang akhirnya membuat Austria membagi militernya menjadi dua bagian.

Front Barat

Front Barat merupakan wilayah perang yang melibatkan Jerman harus menghadapi serangan dari Sekutu (Inggris, Perancis, dukungan Amerika) di Eropa Barat. Front Barat menjadi semakin sengit karena bagi Jerman pertempuran ini merupakan pertempuran untuk mempertahankan Paris dari tangan sekutu, sedangkan bagi Sekutu pertempuran ini merupakan perang untuk memperebutkan Paris dari tangan Jerman.
Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu
Pasukan Inggris mengenakan topeng anti gas beracun
Source : thinglink.com

Front Selatan / Balkan

Austria-Hongaria hanya menyisihkan sebagian kecil pasukan untuk menyerang Serbia, meskipun pada akhirnya Austria berhasil menduduki ibukota Serbia, Belgrade. Dibulan-bulan pertama Austria memiliki beberapa cadangan militernya yang dimanfaatkan untuk menyerang Italia.
Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu
Source : history.com
Serbia yang terpojok akhirnya mundur dan diberi perlindungan oleh Montenegro. Pasukan penerjun Inggris-Perancis mencoba membantu dengan menerjukan prajuritnya di wilayah Yunani. Sayang sekali negosiasi untuk membujuk Raja Yunani bergabung dengan sekutu gagal setelah Raja Yunani lebih pro kepada Blok Sentral.

Front Afrika

Front Afrika, perang pertama terjadi ketika pasukan kolonial Inggris, Perancis, dan Jerman terlibat pertempuran di wilayah Afrika. Ditandai pasukan gabungan Inggris, Perancis menyerbu markas pasukan kolonial Jerman di Togoland.

Aksi balasan dilakukan oleh Jerman ketika pasukan mereka di Afrika Barat bergerak menuju selatan untuk menyerang Afrika Selatan dari kolonial Inggris, Perancis.

Perang Laut

Perang tidak terjadi di daratan saja, armada laut Jerman yang telah telebih dahulu tersebar di lautan memulai penyerangannya kepada kapal sekutu atas usulan Kaisar Wilhelm II. 

Kapal jelajah Jerman menargetkan untuk menghancurkan kapal dagang sekutu, sehingga sekutu sangat banyak mengalami kerugian setelah lebih 3000 kapal sekutu ditenggelamkan. Ini membuat pasukan laut sekutu merasa bersalah karena tidak dapat melindungi kapal-kapal miliknya yang berlayar di Laut Atlantik.

Rencana Schlieffen

Rencana ini merupakan rencana yang sudah didoktrin kepada setiap prajurit Jerman ketika berada di Akademi Militer. Rencana ini dilakukan oleh Jerman untuk menyerbu Perancis ketika Perang Dunia 1 dimulai. 

Strategi dari Schlieffen adalah menyerbu Perancis dengan melewati perbatasan Belgia dan Belanda yang berada pada posisi netral, kemudian menyerang Perancis dengan serangan cepat untuk mengepung prajurit Perancis di perbatasan Jerman-Perancis. Ini dilakukan sebagai upaya Jerman mengepung prajurit Perancis yang akan memudahkan Jerman dalam mencaplok wilayah Perancis. 

Ketika Jerman melintasi wilayah Belgia, Belgia menyatakan "TIDAK" untuk Jerman karena Belgia tidak menginginkan perang terjadi di tanahnya. Namun Jerman terpaksa harus melakukan penyerbuan ke Belgia karena ini merupakan satu-satunya cara apabila Jerman terlibat perang di dua front berbeda. Meskipun Rencana Schlieffen tetap dilakukan hal ini mendapat penolakan oleh Kaisar Wilhelm II dari Jerman. 

Revolusi Russia

Meskipun Russia sedang dalam keadaan berperang, terjadi masalah internal di dalam sistem pemerintahan Russia. Oktober 1917 merupakan awal dari berdirinya Uni Soviet yang beraliran komunis.

Saat itu Tsar Nicholas II yang sedang berada di garis depan pertempuran terpaksa harus kembali dan membentuk pemerintahan darurat. Sayang sekali pemerintahan darurat tidak mampu menciptakan kestabilan politik di Russia sehingga membuat Partai Bolshevik pimpinan Vladimir Ilyich Lenin semakin populer. Tsar Nicholas II akhirnya turun tahta dan mengakhiri sistem monarki di Russia.
Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu
Lenin dihadapan masyarakat Russia
Source : Encyclopedia Britannica
November 1917 terjadi pemberontakan bersenjata dari kaum Bolshevik yang sukses untuk mengajukan gencatan senjata melalui negosiasi dengan Jerman. Beberapa wilayah bekas Russia kemudian diserahkan kepada Jerman atas kekacauan politik Russia. Ditengah memanasnya konflik pasukan sekutu memimpin beberapa invasi kecil ke Russia, bertujuan untuk menghentikan Jerman, mengeksploitasi SDA Russia, dan mendukung pasukan "Kaum Putih" Russia untuk melawan pasukan Boshevik Russia (Kaum Merah).

AS menyatakan perang kepada Jerman

Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jerman setelah 7 kapal dagang milik AS ditenggelamkan oleh Jerman. Hal ini kemudian memicu diputuskannya hubungan AS dengan Jerman dan pembacaan Deklarasi Perang kepada Jerman, 6 April 1917.

Dengan ini Amerika Serikat resmi secara formal bergabung dengan sukutu di Perang Dunia 1. Dan mendorong Amerika Serikat untuk menerapkan program wajib militer untuk 2,8 juta pria di Amerika Serikat.

Akhir Perang Dunia 1

Kekalahan perlahan-lahan terus diderita oleh Blok Sentral, di Front Barat pasukan sekutu berhasil mendorong Jerman hingga ke wilayah Jerman. Hal ini dilakukan karena kurangnya pasukan Jerman untuk mempertahankan wilayahnya. Kegagalan Jerman terjadi juga di Front Timur, medan tempur yang sulit membuat Jerman kewalahan melawan serangan militer dari Russia

Kemenangan sekutu ditandai dengan Serangan Seratus Hari yang dimulai pada 8 Agustus 1918. Kemudian beberapa anggota Blok Sentral perlahan-lahan mulai bernegosiasi dengan pihak sekutu untuk mengajukan perjanjian damai.
Jalannya Perang Dunia 1, Bagaimana  alur Perang Dunia 1, Akhir Perang Dunia 1, Awal Perang Dunia 1, Jerman Perang Dunia 1 Situs Buntu, Situs Buntu
Ilustrasi penandatanganan gencatan senjata
Source : Wikipedia
Hingga puncaknya dibentuk Perjanjian Versailles (1919) oleh sekutu yang berisi pernjanjian untuk menyerahkan kembali beberapa wilayah yang diambil alih Jerman selama masa Perang Dunia 1, membatasi jumlah personil militer Jerman, dan melarang Jerman untuk memproduksi peralatan militer berat.

Selesai sudah penjelasan singkat tentang jalannya Perang Dunia 1 (1914-1919). Semoga dapat memberikan informasi bagi kalian dan menjadi peringatan kepada kita untuk terus menjaga selalu perdamaian. 

0 comments