Arti Tanda Dua Jari oleh Winston Churchill

makna pose jari v, sejarah penggunaan tanda dua jari, winston churchill dua jari victory, perang dunia situs buntu
Arti Tanda Dua Jari oleh Winston Churchill. Siapa yang tidak mengenal dua jari yang melambangkan "V". Semua orang tentu banyak menggunakan pose ini sebagai pose favorit ketika sedang difoto. Era digital dimana kita dapat berfoto dengan sangat mudah membuat popularitas "V" ini semakin cepat menyebar, bahkan saat ini mayoritas orang yang tidak bisa bergaya disebuah foto maka akan menggunakan pose ini karena sangat mudah untuk dipraktekan.

Namun dibalik kepopulerannya terdapat makna yang sangat mendalam dikalangan seluruh umat manusia, khususnya rakyat Inggris. Memang banyak sekali latar belakang cerita yang berbeda yang mengisahkan asal muasal penggunaan tanda "V". 


Sebelum Perang Dunia 2

Budaya Inggris memang telah mengenal tanda "V" jauh sebelum Churchill menggunakannya, arti dua jari melambangkan V memiliki makna yang negatif di kalangan masyarakat Inggris. Hal ini terjadi pada tahun 1415 di Agincourt dimana pada saat itu terdapat sebuah pertandingan memanah yang mengikutsertakan wakil Inggris dan wakil Perancis, ketika kedua tim dari kedua negara tersebut bertemu pemanah Perancis mengancam akan memotong kedua jari telunjuk dan jari manis pemanah Inggris jika pada pertandingan tersebut pemanah Perancis mampu memenangkan pertandingan.

Namun, fakta yang terjadi bertolak belakang dengan janji pemanah Perancis tersebut. Pemanah Inggris mampu memenangkan pertandingan dan membalas dengan menunjukan tanda dua jari yang sama kepada pemanah Perancis yang membuktikan bahwa jarinya tidak jadi dipotong. Persitiwa ini yang memunculkan satu ungkapan sinisme yang sampai saat ini terkadang berkonotasi negatif di masyarakat Inggris.

"Victory"

Tetapi dibalik konotasi negatif pada tanda dua jari "V", terdapat sebuah kisah lain yang sangat melekat dengan tanda ini, yaitu ketika lambang "V" pertama kali digunakan oleh Winston Churchill sebagai doktrin bahwa Inggris akan memenangkan perang di Perang Dunia 2 melawan Jerman di Eropa.

(Baca juga : Jalannya Perang Dunia 2)

Sepanjang tahun 1941-1945 Churchill terus menggunakan tanda ini untuk memberi semangat bagi pasukan Inggris yang sedang berperang dan membuat seorang Winston Churchill sangat erat kaitannya dengan lambang Victory.
makna pose jari v, sejarah penggunaan tanda dua jari, winston churchill dua jari victory, perang dunia situs buntu
"V" memiliki kepanjangan dari kata Victory dalam bahasa Inggris. Puncaknya ketika Perdana Menteri Inggris Winston Churchill memberi tanda "Victory" kepada kerumunan masyarakat Inggris di London pada hari kemenangan di Eropa.
Tentu dua jari yang disematkan pada Victory milik Churchill memiliki makna yang sangat kontras dengan budaya masyarakat Inggris yang sudah lama mengenal lambang "V" sebagai tanda yang memiliki konotasi negatif.

Source images :
Britain Government.
Wikipedia.

Seperti itu sejarah singkat dari kepopuleran tanda dua jari yang sangat sering digunakan oleh mayoritas orang di Indonesia. Semoga kalian lebih bisa bervariasi dalam berpose dan mengetahui salah satu dari banyak kisah tentang tanda dua jari "V" ini.

0 comments