Cara Penomoran Skripsi & Makalah Dengan Ms. Word

Cara Penomoran Skripsi / Makalah Dengan Ms. Word. Pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Page Number yang terdapat pada Microsoft Word. 

Sebenarnya penomoran halaman pada lembar Ms. Word tidaklah terlalu sulit, namun tidak juga terlalu mudah. Memang perlu diakui bahwa Microsoft Word merupakan software yang sangat dekat hubungannya dengan kita sesama pelajar.

Bukan untuk pelajar saja nampaknya kini Ms. Word mulai mendekati dan erat hubungannya untuk semua pengguna yang berurusan dengan pekerjaan ketik mengetik. 

Oleh karena itu langsung saja berikut akan dijelaskan mengenai cara penomoran pada halaman Ms. Word yang dapat kita gunakan untuk membuat skripsi, makalah tugas, tugas akhir, proposal, dan lainnya.

Untuk tutorial kali ini saya mencoba mengikuti kaidah penulisan skripsi pada tahun 2017. Oke langsung simak saja seperti dibawah ini.


1. Buka Ms. Word yang ada pada komputer kalian, kemudian Open New Document atau Document yang sudah siap diberi nomor halaman.

2. Seperti pada gambar dibawah ini. Klik Insert - Page Number - Buttom of Page - Plain 2.
Penomoran skirpsi dan makalah, penomoran microsoft word, penomoran ms. word
Langkah yang satu ini merupakan langkah untuk menghilangkan nomor halaman di halaman pertama yang biasanya merupakan bagian Cover yang tidak perlu diberi penomoran. Jika kalian sudah mengikuti tahapan dan sudah seperti gambar diatas kemudian kalian Ceklist Different Fisrt Page , cara ini agar penomoran di halaman pertama tidak muncul.


3. Cara selanjutnya agar penomoran pada halaman kedua berubah menjadi romawi (i). Apabila langkah kedua tadi tidak kita gunakan maka penomoran di halaman kedua tetap akan menjadi romawi (ii).

Penomoran skirpsi dan makalah, penomoran microsoft word, penomoran ms. word
Setelah kalian mengikuti tahap seperti di tulisan pada gambar, kemudian klik Page Layout - Breaks - Next Page.

4. Setelah itu kalian beralih ke halaman selanjutnya seusai kita meng-klik Next Page.
Penomoran skirpsi dan makalah, penomoran microsoft word, penomoran ms. word
Pada halaman ini baru kita beri penomoran setelah halaman yang pertama kita kosongkan penomorannya. Ikuti tulisan pada gambar, kemudian matikan Different First Page, Lalu pilih Page Number - Format - Ubah ke bentuk Romawi - Pilih Start at (i).

5. Jika penomoran Romawi sudah kalian selesaikan. Kita lanjut ke pernomoran halaman Bab yang biasanya menggunakan angka.
Penomoran skirpsi dan makalah, penomoran microsoft word, penomoran ms. word
Seperti langkah sebelumnya Next Page terlebih dahulu dengan kursor akhir berada pada halaman sebelumnya, matikan Link to Previous, Lalu klik 2kali pada Footer - pilih Page Number - Format - ganti Format Angka - Pilih Start at (1).

6. Umumnya penomoran pada Judul Bab berada ditengah, namun penomoran pada halaman setelah Judul Bab harus berada di bagian kanan bawah.
Penomoran skirpsi dan makalah, penomoran microsoft word, penomoran ms. word
Untuk mengubah penomoran berada di posisi kanan bawah sebelumnya Next Page terlebih dahulu dengan kursor akhir berada pada halaman sebelumnya, matikan Link to Previous, Kemudian klik Footer - Page Number - Format - pilih Continue from previous section - terakhir pilih Bottom of page - Plain 3.

PENTING : Setiap ingin mengubah format atau letak page number harus klik Next Page pada kursor akhir halaman sebelumnya.

7. Ulangi penomoran berikutnya dengan menggunakan cara dan tahap yang sama seperti pada tahapan 5-6 sebab kalian pasti akan mengulang urutan tersebut dikarenakan terdapat lebih dari satu Judul Bab.

Baca juga : Cara mengunci folder di komputer

Oke selesai sudah sedikit penjelasan dari saya mengenai penomoran halaman, semoga dapat membantu. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar. 

0 comments