Apa itu Nasionalisme ?

Apa itu Nasionalisme ? Sedikit membahas tentang Nasionalisme mengingat bulan Agustus ini memang bulan yang sangat spesial bagi seluruh Rakyat Indonesia, karena memang bulan ini yang menjadikan saya dapat menghirup nafas segar di tanah tempat saya dilahirkan.

Atau bukan hanya saya yang merasakan hal ini, seluruh rakyat Indonesia pun saya rasa akan berfikir demikian. Lantas pernahkah kalian berfikir secara sengaja untuk mencintai tanah kelahiran kalian ?
Makna Nasionalisme, Arti Nasionalisme, Semangat Nasionalisme, Nasionalisme
Saya rasa tidak ! Lalu apakah kalian pernah berkata "saya cinta Indonesia dengan seluruh jiwa dan ragaku" Saya rasa juga tidak.

Kenapa saya katakan Tidak untuk semua pertanyaan diatas, karena memang untuk mencintai sebuah Negara tempat dimana kita dilahirkan, kita tidak harus membuktikannya lewat ucapan. 

Bahkan menurut saya orang yang berkata Ya saya cinta Indonesia, Ya saya sengaja cinta Indonesia, Ya saya akan perjuangkan Indonesia, dan Ya yang lainnya adalah orang yang sedikit bertindak dalam meneruskan tonggak perjuangan Bangsa Indonesia. 

Saya pribadi berfikir rasa cinta terhadap Indonesia atau rasa Nasionalisme kewarganegaraan sebagai warga negara Indonesia tidak bisa diwujudkan dengan cara sengaja. 

Karena sejak kita dilahirkan dengan darah Indonesia secara tidak sengaja kita telah mencintai Indonesia dengan seluruh jiwa dan raga kita.

Seperti yang dikutip dari wikipedia mengenai arti dari sebuah Nasionalisme.

Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.

Terlalu ribet dan sangat sulit dimengerti bukan ? kalau begitu akan saya simpulkan.

Nasionalisme = Indonesia 

Seperti itulah kiranya kesimpulan saya mengenai Nasionalisme. Bagi saya Indonesia adalah Harga Mati tidak ada toleransi bagi siapapun baik wni ataupun wna yang berusaha merusak citra Indonesia.

Apakah kalian ingin bukti jika Cinta pada Indonesia itu tidak perlu didasari atas alasan tertentu ? kalau begitu berikut bukti Nasionalisme kita sebagai Bangsa Indonesia.

1. Lagu Kebangsaan
Pertama terdapat lagu kebangsaan Indonesia yaitu "Indonesia Raya". Saya tanya sekali lagi apakah kalian pernah dengan sengaja menghafal lirik dari lagu Indonesia Raya ? mungkin sebagian dari kalian akan menjawab tidak pernah.

Ini mungkin dapat menjadi bukti bahwa rasa Nasionalisme tidak perlu disengaja. Bahkan sejak kecil ketika kita mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang dengan otomatis kita reflek untuk ikut menyanyikannya.

2. Sepakbola Indonesia
Makna Nasionalisme, Arti Nasionalisme, Semangat Nasionalisme, Nasionalisme
Kalian mengetahui bukan jika setiap Timnas Sepakbola kita bermain di kandang maupun tandang, selalu saja stadion dipenuhi oleh pendukung Indonesia. Padahal jika kita lihat dibalik merahnya stadion tempat Timnas berlaga sebelumnya selalu saja terdapat pertikaian kecil antar suporter klub yang ada di Indonesia, contoh : The Jack & Viking.

Namun menurut saya pertikaian itu adalah hal yang sangat indah dan saya harap hal itu dapat berlanjut. Asalkan jika sudah menyangkut Merah dan Putih mereka harus bersatu demi Indonesia.

3. Insiden Bendera Indonesia terbalik di Sea Games Malaysia 2017
Hal sepele tetapi sangat membuat hati seluruh rakyat Indonesia remuk. Faktanya kejadian ini tidak terjadi satu kali namun tiga kali, yaitu pada buku panduan Sea Games, dan dua diantaranya pada koran yang diterbitkan oleh media cetak Malaysia. 

Tentu ini membuat seluruh rakyat Indonesia geram. Bagaimana mungkin event sebesar Sea Games melakukan kesalahan dalam pencetakkan bendera. FYI Indonesia merupakan satu diantara 5 negara pendiri ASEAN. Jadi kesalahan seperti ini sangat tidak masuk akal.

Terlebih lagi ini terjadi di Malaysia, sebuah negara yang sudah ditakdirkan untuk terus bersaing dengan Indonesia. Oke kedepannya Indonesia pasti akan membuat perhitungan dengan Malaysia !

Sepertinya sampai disini penjelasan singkat yang dapat saya jelaskan mengenai arti Nasionalisme. Semoga dengan ini Jiwa Nasionalisme kita terhadap Indonesia semakin membara dan dapat terus berkarya demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Mampir terus ya ke Situs Buntu untuk mengikuti update artikel yang akan membahas banyak hal yang semoga dapat dijadikan informasi bagi kalian.. hehe

Kata Kunci : Makna Nasionalisme, Arti Nasionalisme, Semangat Nasionalisme, Nasionalisme 

0 comments