5 Film Terbaik Perang Dunia 2

5 Film Terbaik Perang Dunia 2. Artikel kali ini akan membahas tentang sebuah film yang menceritakan tentang perang dunia 2, karena sudah 72 tahun sejak era itu berakhir tentu sudah banyak film yang diadopsi dari perang dunia kedua.

Mungkin saat ini film yang mengangkat tema dengan berlatar perang dunia 2 sudah mulai sedikit keberadannya. Namun beberapa industri film hingga saat ini masih ada yang mengangkat kisah heroik dari PD 2.

Untuk itu di artikel ini akan dijelaskan beberapa film perang dunia 2 terbaik menurut Situs Buntu yang sangat layak untuk ditonton. Dalam film ini kalian dapat mengetahui beberapa lokasi dan point penting dari perang dunia 2, ada banyak film yang mengangkat berbagai sejarah perang dunia 2 berdasarkan kisah nyata dari lokasi serta alur perang tersebut.

Langsung saja berikut ada beberapa daftar film yang beberapa diantaranya diangkat berdasarkan kisah nyata dan sangat menjadi rekomendasi bagi kalian yang ingin mengetahui sedikit tentang jalannya PD 2. 


1. Saving Private Ryan (1998)


Based on true story, film yang berlatarkan invasi sekutu di Normandia, Perancis 6 Juni 1944 ini menceritakan tentang perjuangan Kapten John H. Miller (Tom Hanks) dan kawan-kawan dalam pencariannya menemukan seorang prajurit bernama Ryan yang telah kehilangan ke-3 saudaranya dalam perang dan diperintahkan untuk kembali oleh Departemen Peperangan AS.
Perang Dunia, World War, The Second World War, Situs Buntu, Sibun, Film terbaik Perang Dunia 2
Pada menit-menit awal di film ini, kita akan diperlihatkan kedatangan pasukan amfibi sekutu dalam perjuangannya merebut Normandia dari tangan Nazi Jerman. Berdasarkan sejarah, Invasi Normandia (D-Day) merupakan titik awal sekutu dalam merebut kembali Eropa yang sebelumnya dikuasai oleh Nazi.

Dalam misi pencarian prajurit Ryan, Kapten H. Miller melalui beberapa medan tempur yang akan membuat kita semakin kagum dengan film ini. Film ini juga syarat akan kekejaman yang diakibatkan dari sebuah peperangan.

2. Pearl Harbor (2001)


Film ini menceritakan tentang cinta segitiga diantara Rafe (Ben Affleck), Evelyn (Kate Beckinsale), dan Danny (Josh Hartnett). Berlatar penyerbuan Jepang ke Pangkalan Laut Amerika Serikat, Pearl Harbor, 7 Desember 1941 film ini sukses membuat penonton yang menyaksikannya kagum dengan efek pertarungan dan kisah nyata dari Pearl Harbor.
Perang Dunia, World War, The Second World War, Situs Buntu, Sibun, Film terbaik Perang Dunia 2
Pearl Harbor merupakan Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat yang berbasis di Hawai. Pada awalnya AS tidak terlibat Perang secara langsung dalam PD 2, Jepang yang saat itu menandatangani perjanjian perdamaian dengan AS diam-diam menyembunyikan rencana untuk melakukan serangan besar-besaran ke Pearl Harbor.

Ini dilakukan Jepang agar AS kehilangan kekuatan di wilayah Pasifik dan Jepang sendiri dapat menguasai wilayah Pasifik yang meliputi negara-negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Dengan taktik licik Jepang, Amerika justru mendeklarasikan Perang terhadap Jepang dan ikut serta dalam PD 2.

3. My Way (2011)


Di tahun 1928 ketika korea dikuasai oleh Jepang terdapat seorang anak asli korea yang bekerja kepada majikan Jepang, anak tersebut bernama Kim Jun Shik (Jang Dong Gun). Ia merupakan seorang pelari maraton yang selalu menang. Kemudian terdapat anak dari pejabat Jepang bernama Tatsuo Hasegawa (Joe Odagiri) yang juga seorang pelari maraton asal Tokyo. 

Kedua pelari maraton ini kemudian memilih jalannya masing-masing. Tatsuo masuk militer Jepang dan Jun Shik dipaksa masuk militer Jepang, disuatu perang mereka tertangkap dan menjadi tawanan perang pasukan Soviet. Dan kisahnya dimulai dalam perjalanannya membela Tiga Negara (Jepang, Soviet, Jerman) yang berbeda dan mengikuti 3 Pertempuran Hebat di era Perang Dunia 2. 
Perang Dunia, World War, The Second World War, Situs Buntu, Sibun, Film terbaik Perang Dunia 2
Dalam film ini kita akan diberi gambaran terjadinya 3 Pertempuran yang terjadi di 3 lokasi yang berbeda. 
  • 1939, Nomonhan, Perbatasan Mongolia. Perang Khalkin Gol merupakan perang antara Jepang dengan Soviet.
  • 1941, Dedovsk, Soviet. Perang berdarah yang melibatkan tentara Soviet dan Nazi Jerman.
  • 1944, Normandy, Perancis. Perang amfibi terbesar oleh sekutu kepada Nazi Jerman.

4. Hacksaw Ridge (2016)


Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata dari seorang tentara Amerika Serikat bernama Desmond Doss (Andrew Garfield). Desmond merupakan satu-satunya seorang penolak wajib militer yang berhasil mendapat Medali Kehormatan pada Perang Dunia 2.
Perang Dunia, World War, The Second World War, Situs Buntu, Sibun, Film terbaik Perang Dunia 2
Desmond Doss dikenal sebagai tentara yang berhati nurani, Ia berhasil menjadi pahlawan AS dalam Perang Dunia 2. Selama bertugas sebagai prajurit militer Ia memiliki keyakinan tidak akan membunuh orang lain dan tidak akan menyentuh senjata saat berperang. Dalam Perang Okinawa Ia dianggap sebagai pahlawan karena mampu menyelamatkan 75 orang korban dari atas tebing Maeda.

5. The Imitation Game (2014)


Diangkat berdasarkan kisah nyata film ini menceritakan tentang perjuangan seorang bernama Alan Turing (Benedict Cumberbatch) dan kawan-kawan dalam memecahkan Kode Enigma yang digunakan oleh pasukan Jerman dalam mengirim dan menerima informasi.
Perang Dunia, World War, The Second World War, Situs Buntu, Sibun, Film terbaik Perang Dunia 2
Dalam film ini kita tidak akan diperlihatkan tentang aksi para pasukan militer dalam bertempur, film ini fokus kepada Alan Turing dan kawan-kawan untuk memecahkan kode enigma. Enigma adalah mesin berupa sandi yang dapat mengenkripsi dan mendeskripsikan pesan, setelah kode enigma berhasil dipecahkan pasukan sekutu dapat memecahkan 3000 kode per hari yang ditangkap melalui radio. 

Munculnya mesin bombe elektromekanis untuk memecahkan kode enigma berhasil membuat Alan Turing dianggap sebagai Bapak Ilmu Komputer dan mampu membuat perang selesai 2 tahun lebih cepat.

Sepertinya itulah 5 film terbaik berlatar perang dunia 2, semoga dapat memberi informasi bagi siapapun yang ingin mengenal lebih jauh tentang PD 2.

3 comments