2020 Indonesia terapkan Teknologi Jaringan 5G

2020 Indonesia terapkan teknologi jaringan 5G. Di era modern seperti saat ini penggunaan internet dapat dikatakan menjadi kebutuhan pokok bagi masyrakat. Mengingat kemudahan akses yang dapat kita gunakan dari internet seakan-akan tidak dapat lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Indonesia sendiri saat ini sudah menerapkan teknologi jaringan 4G untuk mempercepat penggunaan internet. Sebelum 4G muncul dan diterapkan terdapat teknologi jaringan 3G yang bisa dikatakan sangat cukup bagi pengguna yang hanya menggunakan internet sebagai sumber informasi.

Seiring berkembangnya zaman kebutuhan manusia terhadap internet cepat menjadi sebuah prioritas utama bagi penyedia layanan internet. Karena dengan kecepatan internet yang semakin baik dan semakin cepat tentu konsumen akan merasa terpuaskan, sehingga saat ini berbagai penelitian semakin gencar dilakukan untuk melakukan terobosan serta pengembangan atas teknologi-teknologi terdahulu.

Di Indonesia, teknologi 5G sudah mulai diperkenalkan walaupun pelaksanaannya masih dalam tahap proses. ZTE, vendor telekomunikasi asal Tiongkok, pada hari Kamis, 19/11/2016 mengundang Menkominfo, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Ketum Mastel) untuk berdiskusi mengenai teknologi jaringan 5G.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai penerapan 5G di Indonesia, mari kita cari tahu apa itu 5G.

Apa itu teknologi 5G

Situs Buntu, Sibun, indonesia 5G, 2020 teknologi 5G Indonesia
5G atau generasi kelima adalah istilah untuk menyebut adik (keturunan paling maju) dari saudara sebelumnya seperti 4G, 3G, dan seterusnya. Teknologi ini masih dalam tahap penelitian dan direncanakan akan segera dirilis secara resmi pada 2020 mendatang.

Terdapat beberapa keunggulan pada teknologi 5G, yaitu :
Kecepatan data yang lebih baik dari 4G, Memiliki keunggulan pada transfer data antar smartphone dengan kecepatan satu mili detik, Mampu terhubung dengan telepon, kendaraan, alat-alat rumah tangga.

Teknologi 5G sendiri diperkirakan memiliki tingkat kecepatan hingga 800Gbps. Ini berarti teknologi 5G mampu 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G.

Tahap peluncuran

Berdasarkan penelitian teknologi ini sudah diterapkan di beberapa tempat yang sifatnya masih dalam percobaan.

  1. Seperti di Korea Selatan, teknologi ini mulai diterapkan pada tahun 2017 namun belum siap diterapkan untuk tujuan komersil. Baru pada tahun 2020 Korsel akan menerapkan 5G untuk tujuan komersil.
  2. AT&T asal Amerika Serikat melakukan tahap percobaannya di Austin dan Indianapolis. Lebih awal daripada Korsel, Amerika Serikat menurut kabar akan mengoperasikan teknologi 5G dengan kecepatan 400Mbps di tahun 2018.

Kembali ke inti cerita

Dari pertemuan tersebut ZTE mengungkapkan keunggulan teknologi 5G serta manfaat yang akan dirasakan baik oleh pemerintah dan juga oleh masyarakat. Semakin inovatifnya vendor teknologi dan penyedia layanan di Indonesia membuat perkembangan teknologi semakin cepat.

"Walaupun saat ini kita masih di tahap 4G, tetapi tahap 5G akan segera dimanfaatkan dalam lima tahun mendatang. Itu justru pentingnya disitu. Jangan kita nunggu teknologi ini siap untuk komersil baru kita beli" ujar Kristiono (Ketum Mastel).

Dengan adanya teknologi 5G di Indonesia tentu akan lebih mempercepat segala akses dan memunculkan peluang bisnis baru. Hadirnya 5G dalam lima tahun mendatang membuat masyarakat, pelaku industri, dan pemerintah harus mempelajari teknologi 5G, bisnis model, menata ulang regulasi, dan edukasi tentang manfaat 5G kepada masyarakat.

"Tahun 2020 merupakan jangka waktu yang ideal bagi masyarakat Indonesia untuk memulai menerapkan teknologi 5G" ujar Kristiono.

Dalam mempersiapkan teknologi 5G di lima tahun mendatang, pemerintah harus membentuk forum yang bersifat tetap yang terdiri dari pemerintah, pelaku industri, masyarakat, dan para akademisi. Dengan tujuan untuk mempelajari, melakukan riset mendalam, dan melakukan benchmark dengan negara lain untuk menemukan bisnis model yang tepat terkait teknologi 5G.

Referensi : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/5G 
http://www.mitratel.co.id/?p=428

Semoga saja rencana pemerintah untuk menerapkan teknologi 5G untuk tujuan komersil dapat segera terlaksana sehingga kita dapat merasakan inovasi dari perkembangan teknologi terbaru di bidang telekomunikasi.

1 comments: